Malelak, Nicholas Dion Prasetyo (2024) Pembuatan Board Game untuk Sosialisasi Tentang Narkoba pada Remaja. [Undergraduate thesis]
PDF
MMD_505_Abstrak.pdf Download (120kB) |
Abstract
Selama pandemi Covid-19, pengguna narkoba meningkat sebesar 0,15 hingga memiliki jumlah perkiraan penggunanya 3,6 juta penduduk di Indonesia. Umur awal pengguna mengenal narkoba adalah 15 tahun sehingga rata - rata umur pengguna tertinggi terdapat di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Alasan dari banyak remaja yang menggunakannya adalah umur remaja merupakan umur mulainya terjadi perubahan hormon sehingga remaja lebih sensitif dan tidak stabil sehingga masih gengsi untuk menolak. Hal ini dapat mengakibatkan remaja akan memiliki dampak negatif di lingkungan sekitar dan secara jasmani. Agar remaja dapat menghindari narkoba sangat diperlukan untuk penyuluhan untuk edukasi tentang narkoba. Berdasarkan penelitian yang dibuat, penyuluhan atau sosialisasi yang efektif adalah menggunakan board game dikarenakan board game dapat dimainkan lebih dari 1 orang yang menyebabkan terdapatkan interaksi antar pemain sehingga pemain lebih erat secara pertemanan dan juga dapat saling belajar. Dengan adanya board game maka sosialisasi dapat dilakukan terhadap remaja agar remaja lebih senang dan tidak merasa bosan dengan materi dari board game tersebut. Hasil pembuatan board game untuk sosialisasi terhadap remaja dapat dimainkan dengan bantuan companion app.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Hari Subagijo 201031 |
Date Deposited: | 21 May 2024 09:45 |
Last Modified: | 21 May 2024 09:45 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46388 |
Actions (login required)
View Item |