Pembuatan Aplikasi Edukasi Sejarah Aksara Jawa Berbasis Motion Graphic

Kusuma, David (2024) Pembuatan Aplikasi Edukasi Sejarah Aksara Jawa Berbasis Motion Graphic. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_506_Abstrak.pdf] PDF
MMD_506_Abstrak.pdf

Download (36kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/271474

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya tradisional. Namun seiring berkembangnya jaman, generasi muda mulai enggan untuk mempelajari sejarah dari budaya-budaya tersebut, salah satunya adalah aksara Jawa. Dengan berkembangnya dunia pembelajaran, aplikasi ini bertujuan untuk membantu anak berusia 9 hingga 12 tahun dalam memahami sejarah aksara Jawa. Pada aplikasi terdapat sebuah animasi motion graphic serta sebuah kuesioner untuk menguji pemahaman anak tentang materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan adalah sejarah masuknya aksara Jawa di Indonesia melalui kisah tentang Aji Saka dan kedua abdinya. Proses pembuatan aset aplikasi dilakukan dengan menggunakan adobe illustrator, adobe photoshop, adobe after effect, adobe premiere pro. Sedangakan perancangan aplikasi menggunakan aset yang telah dibuat serta pengimplementasian script dilakukan pada software bernama Unity. Untuk menguji kelancaran dan kelayakan aplikasi serta mengetahui apakah aplikasi yang telah dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada, maka dilakukan sebuah pengujian dengan melakukan kuesioner kepada 31 orang yang telah mencoba aplikasi yang dibuat. Berdasarkan data tersebut akan diperoleh hasil apakah aplikasi telah memenuhi tujuan dari pembuatan aplikasi ini.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Aji Saka, motion graphic, animasi, budaya tradisional
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 21 May 2024 11:57
Last Modified: 21 May 2024 11:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46389

Actions (login required)

View Item View Item