Asali, Heidy (2024) Hubungan antara Keterlibatan Orang Tua dan Self-regulated Learning terhadap Prestasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). [Undergraduate thesis]
PDF
ED_663_Abstrak.pdf Download (145kB) |
Abstract
Prestasi akademik merupakan salah satu aspek yang penting dalam kehidupan siswa. Dengan tercapainya prestasi akademik yang baik, maka siswa menunjukan bahwa ia telah menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Prestasi akademik yang baik juga membawa dampak positif seperti tingkat self-esteem dan self-confidence yang lebih tinggi, menurunnya tingkat kecemasan dan depresi yang berlebihan. Literatur menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa dapat dipengaruhi oleh faktor dari orang tua, sekolah, dan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara keterlibatan orang tua dan self-regulated learning terhadap prestasi akademik siswa SMA. Penelitian ini menggunakan teknik sampel accidental sampling dengan jumlah sampel 83 siswa kelas XI dari SMA X. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa secara simultan keterlibatan orang tua dan self-regulated learning tidak berhubungan terhadap prestasi akademik siswa. Hasil analisis lainnya juga menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua (ibu) berhubungan secara negatif dengan prestasi akademik dengan nilai r sebesar -0,272. Sedangkan keterlibatan orang tua (ayah) tidak berhubungan dengan prestasi akademik siswa. Sama halnya dengan self-regulated learning yang juga ditemukan tidak memiliki hubungan dengan prestasi akademik siswa. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat faktor-faktor lain yang berperan terhadap prestasi siswa, seperti tingkat kesulitan materi, proses belajar yang kurang maksimal, minat belajar, dan teman sebaya. Pada siswa SMA, orang tua perlu memperhatikan bentuk dan tingkat keterlibatan yang diberikan agar berdampak positif terhadap prestasi akademik siswa.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan Orang Tua, Self-Regulated Learning, Prestasi Akademik, Siswa SMA. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Perpustakaan UBAYA |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 08:35 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 08:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46613 |
Actions (login required)
View Item |