Model Kekuatan Karakter Siswa ditinjau dari Keberfungsian Keluarga dan Budaya Sekolah melalui Spiritualitas sebagai Mediator

Ramadhani, Hetti Sari (2023) Model Kekuatan Karakter Siswa ditinjau dari Keberfungsian Keluarga dan Budaya Sekolah melalui Spiritualitas sebagai Mediator. Doctoral thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of DPSI_32_Abstrak.pdf] PDF
DPSI_32_Abstrak.pdf

Download (73kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/271521

Abstract

Penelitian terdahulu menunjukkan kekuatan karakter memiliki dampak besar dalam keberhasilan siswa di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model kekuatan karakter siswa khususnya dimensi kemanusiaan ditinjau dari keberfungsian keluarga dan budaya sekolah melalui spiritualitas sebagai mediator. Sampel penelitian diambil secara proportional cluster random sampling dari lima wilayah Kota Surabaya sebanyak 1871 siswa SMPN yang terdiri dari 1010 siswa perempuan dan 861 siswa laki-laki. Instrumen penelitian menggunakan skala kekuatan karakter dimensi kemanusiaan dengan Values in Action Inventory for adolescents (VIA-Youth), skala spiritualitas dengan Aspects of Spirituality Questionnaire (ASP) Version 2.1., skala keberfungsian keluarga dengan Family Assesment Device (FAD), skala budaya sekolah dengan School Climate and School Identification Measure-Student (SCASIM-St). Penelitian dilakukan dengan pengujian instrumen penelitian menggunakan confirmatory factor analysis dan pengujian model menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan model fit. Penelitian ini menyimpulkan kekuatan karakter siswa ternyata dimulai dari spiritualitas yang berkembang dari keberfungsian keluarga dibandingkan dari budaya sekolah sedangkan desain Pendidikan Karakter selama ini bertumpu di sekolah. Kekuatan karakter terdorong dari keberfungsian keluarga yang memiliki Affective Responsiveness dan budaya sekolah yang menerapkan Shared values and approach. Siswa di usia remaja perlu memiliki Search for Insight/Wisdom dari berbagai peristiwa yang terjadi sehari-hari untuk mempertahankan kekuatan karakter. Implikasi hasil penelitian diharapkan dapat menjadi percepatan peningkatan kekuatan karakter siswa pada dimensi kemanusiaan serta menjadi rekomendasi kebijakan pembangunan sumber daya manusia yang siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Karakter, Spiritualitas, Keberfungsian Keluarga, Budaya Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:14
Last Modified: 21 Jun 2024 09:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46628

Actions (login required)

View Item View Item