Does Ceos With Economic Background And Ceos Media Visibility Affect Earnings Management? (The Case of Indonesia)

Leo, Felicia Nathania (2024) Does Ceos With Economic Background And Ceos Media Visibility Affect Earnings Management? (The Case of Indonesia). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MAK_179_Abstrak.pdf] PDF
MAK_179_Abstrak.pdf

Download (178kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/272314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara latar belakang ekonomi CEO dan reputasi CEO terhadap manajemen laba dengan menggunakan data dari Indonesia. Mengacu pada teori keagenan, CEO dapat membantu mengurangi masalah keagenan antara mereka dan pemegang saham, karena mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tujuan dan kepentingan pemegang saham. Namun, CEO dengan tujuan yang berbeda dari pemegang saham dapat menyebabkan konflik kepentingan. Dihadapkan dengan tekanan tinggi, seperti target kinerja yang tinggi atau krisis keuangan, CEO tergoda untuk terlibat dalam manajemen laba. CEO dengan reputasi baik di mata publik cenderung menghasilkan laba perusahaan berkualitas baik juga. CEO dengan reputasi baik cenderung mempertahankan reputasinya dengan menghindari masalah seperti kecurangan dan manajemen laba. Namun, di sisi lain, reputasi tinggi seorang CEO dapat mempengaruhi aspek psikologis mereka, membuat CEO lebih mementingkan reputasi pribadi daripada perusahaan dengan terlibat dalam manajemen laba untuk melindungi martabat dan ego mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CEO, Laba
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Accounting
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:42
Last Modified: 05 Sep 2024 08:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47048

Actions (login required)

View Item View Item