Ramadhinta, Amortarizqi (2024) Hubungan Antara Kecemasan Akademik (Academic Anxiety) dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa. [Undergraduate thesis]
PDF
ED_666_Abstrak.pdf Download (49kB) |
Abstract
Pengajaran dan pendidikan adalah proses yang memiliki tujuan. Prestasi belajar siswa menunjukkan pencapaian tujuan pengajaran. Siswa yang berprestasi tinggi menunjukkan indikasi pengetahuan yang baik. Penilaian kegiatan belajar siswa menentukan prestasi belajar mereka. Angka, huruf, kalimat, dan simbul adalah beberapa bentuk yang dapat digunakan untuk menunjukkan tindakan ini. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang dapat digunakan untuk menilai seberapa baik siswa mencapai tujuan akademik mereka. Faktor psikologis siswa adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk keberhasilan tersebut. Faktor dalam diri (internal) siswa, seperti kecemasan akademik dapat memengaruhi prestasi belajar mereka Ahmadi dan Supriyono (2013). (Prawitasari, 2012) Bandura menyatakan bahwa kecemasan akademik terjadi ketika seseorang tidak yakin dengan kemampuan mereka untuk menyelesaikan atau mengatasi tugas akademik. Kecemasan dapat mengurangi keinginan untuk bekerja serta dapat berpengaruh pada prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berarti bahwa penelitian itu bekerja dengan data dalam bentuk angka. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya sebanyak 58 partisipan. Pada penelitian ini menggunakan alat ukur kecemasan akademik yaitu Questionnare of Academic Stress in Secondary Education (QASSE) yang dikembangkan Garcia-Ros et al (2018). Pada penelitian ini didapatkan hasil uji hipotesis dengan nilai Sig.(2-tailed) terhadap IPK dengan kecemasan akademik yaitu 0.391 yang artinya 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang antara ipk dengan kecemasan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Kecemasan Akademik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Hari Subagijo 201031 |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 11:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 11:21 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47281 |
Actions (login required)
View Item |