., Kevin (2025) Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas 3 SD Mengenai Pecahan. [Undergraduate thesis]
![]() |
PDF
MMD_529_Abstrak.pdf Download (111kB) |
Abstract
Pecahan merujuk pada suatu bagian dari keseluruhan yang dapat dianggap sebagai entitas terpisah dengan pembilang dan penyebut. Konsep ini diajarkan dalam mata pelajaran SD kelas 3, di mana materi pecahan dianggap sebagai topik yang menantang untuk siswa pada tingkat tersebut. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan sumber pembelajaran yang mendukung pemahaman mereka terhadap konsep tersebut. Dalam upaya ini, sebuah media pembelajaran dikembangkan sebagai alat pembelajaran yang interaktif dan menghibur. Media pembelajaran ini didesain untuk merangsang pemikiran kritis dan melatih pemahaman siswa terhadap materi pecahan dengan desain sebanyak 16 level yang diurutkan berdasarkan soal termudah hingga tersusah. Variasi soal meliputi penjumlah dan pengurangan pecahan, mengubah pecahan ke desimal, dan membandingkan besar kecil pecahan. Untuk membantu pemahaman siswa juga telah dirancang video panduan untuk masing-masing materi. Sedangkan untuk meningkatkan keterikatan siswa dengan materi pecahan maka juga telah dikembangkan 3 jenis puzzle yang interaktif dan menarik. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan software Gamemaker Studio. Media pembelajaran tersebut sudah dicobakan ke siswa dan guru untuk memvalidasi fungsi dari media pembelajaran ini. Berdasarkan hasil yang ditemukan setelah uji coba dapat dibuktikan bahwa media pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi kelas 3 SD mengenai pecahan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pecahan, Media Pembelajaran, SD kelas 3 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Hari Subagijo 201031 |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:27 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 04:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |