KOGIN, KEVIN (2013) Aspek Hukum Kontrak Waralaba pada Kegiatan Usaha Jasa Makanan dan Minuman. Masters thesis, University of Surabaya.
Preview |
PDF
MH_215_Abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Waralaba merupakan salah satu sistem pemasaran yang sedang berkembang pesat di kalangan pelaku bisnis khususnya yang bergerak pada kegiatan usaha jasa makanan dan minuman. Namun, hingga saat ini masih banyak pelaku bisnis yang tidak memahami karakteristik dari kontrak waralaba serta kaitannya dengan Hak Kekayaan Intelektual dan hukum persaingan usaha. Penerima Waralaba yang umumnya berada dalam posisi yang lemah akhirnya terpaksa menyetujui klausulĀ klausul kontrak waralaba yang sebenarnya bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku. Penulisan Tesis ini menggunakan metode penelitian hukum dan bertujuan untuk menegaskan karakteristik kontrak waralaba, kaitannya dengan Hak Kekayaan Intelektual dan hukum persaingan usaha, serta perlindungan hukum bagi penerima waralaba dalam kontrak waralaba khususnya pada bidang usaha jasa makanan dan minuman sehingga tidak terjadi kesalahan yang sama di kemudian hari. Melalui penelitian hukum ini ditemukan dua hal, yaitu: (1) Karakteristik kontrak waralaba adalah kontrak innominaat, dengan Hak Kekayaan Intelektual sebagai bagian essensialia-nya, dan memiliki sifat monopoly by law yang terbatas; dan (2) Perlindungan hukum bagi Penerima Waralaba dalam kontrak waralaba dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu: pendaftaran waralaba, pencatatan kontrak waralaba, dan gugatan melalui lembaga peradilan yang berwenang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hak Kekayaan Intelektual |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Law |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 08:32 |
Last Modified: | 16 Sep 2015 07:38 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7805 |
Actions (login required)
View Item |