Perilaku Belanja Turis Individual atas Produk Batik di Pulau Madura

Hariadi, Sugeng and Rahayu, Siti (2013) Perilaku Belanja Turis Individual atas Produk Batik di Pulau Madura. In: Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke-5 "Strengthening the strategy of local product in the border region: Opportunity and challenges of the ASEAN Economic Community 2015". Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Pontianak, p. 80.

[img]
Preview
PDF
Perilaku Belanja_abstrak._2013.pdf

Download (487Kb) | Preview

Abstract

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Batik, warisan budaya dari Indonesia, telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi oleh UNESCO pada 2009, bertepatan dengan Hari Batik Nasional yakni 2 Oktober. Studi ini menggunakan metode survey untuk mengeksplorasi perilaku belanja turis tradisional atas produk batik, yang datang langsung di pulau Madura. Menggunakan dasar pemikiran Choi, dkk. (2007) yang telah melakukan penelitian tentang perilaku wisatawan Chinese Mainland (CM) yang berbelanja ke Hong Kong, penelitian ini dikembangkan untuk kasus wisata batik. Ditemukan bahwa pembeli batik adalah kelompok masyarakat menengah, bahkan cenderung ke atas untuk batik-batik dengan motif/corak yang asli Madura, khususnya berupa batik tulis. Meski pengeluaran untuk batik relatif kecil dibandingkan dengan pengeluaran total rumah tangga, namun studi ini menemukan beberapa hal menarik agar pasar batik Madura berkembang. Oleh karena minat pembeli batik adalah pakaian jadi, maka perlu diperbesar kapasitas produksi pakaian jadi batik tulis, namun dengan motif, pola, dan pengerjaan yang baik dan modem. Perlu pula dibangun pasar batik di Bangkalan yang tidak jauh dari jembatan Suramadu sehingga benar-benar menjadi pusat batik Madura. Pembeli batik Madura adalah media promosi penjualan yang efektif karena akan menjadi sumber informasi utama pda masa datang. Oleh karena itu harus dilayani dengan baik dan dipenuhi kebutuhannya, seperti ketersediaan ruang pas yang memadai.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Batik Madura, Perilaku, Belanja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 21 Feb 2014 02:38
Last Modified: 21 Feb 2014 02:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/7965

Actions (login required)

View Item View Item