Studi Deskripstif Brand Image Minyak Pelumas Top 1 di Surabaya

., Lanni (2006) Studi Deskripstif Brand Image Minyak Pelumas Top 1 di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_4044_Abstrak.pdf

Download (63Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/144095

Abstract

Membanjirnya berbagai merek minyak pelumas yang ada di Indonesia dikarenakan oleh kebijakan pemerintah yang mengijikan masuknya minyak pelumas import ke Indonesia. Dari data deperindag ada sekitar 236 merek minyak pelumas telah beredar, baik lokal maupun import. Berdasarkan pangsa pasar minyak pelumas di Indonesia ternyata Top 1 menduduki posisi pangsa pasar kedua diluar produk Pertamina yakni sebesar 11%. Selain itu dilihat dari survey nasional yang dilakukan majalah SWA dan OMNIBUS ICSI tahun 2003 tentang brand image minyak pelumas, ternyata Top 1 menduduki porsi terbesar untuk brand image yang mengesankan, ditinjau dari kandungan zat aditif, menjaga keawetan mesin, menjadikan suara mesin halus, berteknologi tinggi, ramah lingkungan, dan diproduksi oleh perusahaan temama. Peubah yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand image adalah persepsi tentang merek suatu produk yang digambarkan melalui asosiasi yang ada dalam benak konsumen, sedangkan dimensi ukurannya adalah favorability of brand association, strength of brand association, dan uniquenees of barand association. Untuk mendapatkan data primer pembagian kuestioner dilakukan kebeberapa tempat seperti: bengkel Oops di jalan Jemursari, bengkel mobil GBT di jalan Ngagel, supermarket Ace Hardware di jalan Margerejo, supermarket Ace Hardware di Galaksi Mall , Hypermarket Giant di jalan Ahmad Yani, bengel Shop and Drive di jalan H.R Muhamad, dan Hypermart di Supermall yang kesemuanya berdomisili di Surabaya. Adapun yang menjadi target populasi adalah semua orang pembeli dan pengguna minyak pelumas Top 1 dalam kurun waktu 6 bulan terakhir ini yang berdomisili di Surabaya. Sedangkan yang menjadi karakteristiknya adalah pria dan wanita, dengan pendidikan minimal SMU atau sederajat. Aras pengukuran menggunakan aras ordinal, skala likert dan menggunakan metode uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, bahwa median dari brand image minyak pelumas Top 1 adalah sebesar 4 yang berarti bahwa responden setuju terhadap brand image minyak pelumas Top l dan mempersepsikan minyak pelumas Top 1 memiliki brand image yang positif yang diukur dari 3 dimensi: favorability of brand association, strength of brand association dan uniqueness of brand association.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Mar 2014 06:10
Last Modified: 18 Aug 2014 07:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8618

Actions (login required)

View Item View Item