Pembuatan Perangkat Lunak Berbasis SMS Untuk Penyedia Jasa Informasi X

Tondowijoyo, Benny (2004) Pembuatan Perangkat Lunak Berbasis SMS Untuk Penyedia Jasa Informasi X. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/137449

Abstract

Dunia telekomunikasi mulai berkembang sejak GSM diambil alih oleh ETSI pada tahun 1989. Penggunaan Short Message Service (SMS) makin digemari oleh banyak orang. Karena selain biaya SMS tidak terlalu mahal, penggunaannya juga tidak mengenal batas wilayah. Juga tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang manusia lebih menyukai komunikasi tertulis daripada mengungkapkannya dengan kata-kata. Dampak penggunaan SMS mulai dirasakan di dunia pendidikan, perbankan, rumah tangga, dan semua bidang informasi lainnya. Melihat adanya peluang kedepan yang baik, maka seorang pengusaha berniat mendirikan sebuah perusahaan dengan ijin penyedia jasa isi/informasi (content provider). Perusahaan yang dibentuk harus mampu melayani permintaan masyarakat akan informasi yang mereka butuhkan. Dan tentu saja, informasi akan dikemas dalam bentuk SMS. Pihak penyedia jasa meminta penulis untuk melakukan pengembangan sistem yang dapat menangani masalah ini. Aplikasi yang dikembangkan haruslah mampu memanajemen data informasi dalam bentuk keyword yang dapat diakses oleh masyarakat. Misalnya informasi nilai mata uang, hasil pertandingan olah raga, cuaca, temperatur udara, dan lain sebagainya. Adapun batasan format data dalam tugas akhir ini adalah format data teks. Aplikasi tidak dikembangkan untuk dapat memenuhi permintaan informasi dengan format data lain, seperti data gambar atau ringtone. Setelah tahap pembuatan aplikasi selesai, penulis melakukan uji coba dan evaluasi terhadap aplikasi yang telah dibuat. Dari basil angket yang disebarkan diketahui bahwa aplikasi telah mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan pihak penyedia jasa. Simpulan yang dapat diambil dari hasil uji coba dan evaluasi ini adalah bahwa aplikasi telah memiliki fitur-fitur yang berguna dan yang dibutuhkan oleh pihak penyedia jasa. Kontrol navigasi aplikasi juga dinilai baik. Adapun saran yang diharapkan untuk pengembangan aplikasi di kemudian hari adalah supaya aplikasi dapat memenuhi permintaan informasi dengan format data lain, seperti data gambar dan ringtone. Selain itu, pengembangan aplikasi juga diharapkan dapat dilakukan pada menu jajak pendapat. Hasil olah jajak pendapat saat ini bersifat sendiri-sendiri. Diharapkan kedepan dapat diperbaiki sehingga dapat melakukan analisa terhadap hasil beberapa jajak pendapat sekaligus.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:10
Last Modified: 25 Mar 2014 09:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item View Item