Olianto, Agus Riady (2005) Pembuatan E-KiosK Sebagai Sarana Pengaksesan Informasi Publik di Bandara. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Bandara-bandara yang ada di Indonesia saat ini umumnya belum memiliki sistem informasi publik yang mengintegrasikan berbagai informasi-informasi umum yang dapat diakses oleh pengunjung yang sedang berada di sana. Pihak bandara umumnya banya menyediakan televisi yang berfungsi untuk menampilkan jam kedatangan dan keberangkatan. Serta departemen informasi untuk memberikan keterangan bagi pengunjung yang ingin bertanya mengenai hal-hal umum seputar bandara. Misalnya di mana lokasi gerbang nomor berapa, dimana tempat untuk membeli makanan tertentu, souvenir, dan informasi-informasi umum lainnya seputar bandara. Berdasarkan hasil analisa di bandara Juanda, satu-satunya pusat informasi bandara yang terintegrasi di bandara Juanda adalah bagian penerangan bandara. Namun ternyata pihak bandara sendiri tidak memiliki suatu daftar atau acuan khusus bagi para petugas penerangan untuk membantu mereka dalam menyediakan informasi bagi para pengunjung bandara Akibatnya, ada kalanya petugas penerangan sendiri merasa kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung bandara. Hal ini ditambah lagi dengan adanya petugas-petugas yang tidak fasih berbahasa Inggris, akibatnya para turis asing yang membutuhkan informasi dari bagian penerangan akan sulit untuk mendapatkan informasi. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat aplikasi E-Kiosk (Electronic Kiosk) yang dapat memudahkan para pengunjung bandara untuk mengakses informasi umum seputar bandara. E-Kiosk memiliki ketersediaan layanan yang tidak mengenal waktu, pengunjung yang membutuhkan informasi dapat memakainya setiap saat. Selain itu dengan dukungan bahasa Indonesia dan Inggris, aplikasi E-Kiosk dapat digunakan oleh para turis domestik maupun asing. Pengorganisasian data di setiap E-Kiosk juga relatif mudah, karena disediakan sebuah aplikasi server yang dapat melakukan pengubahan data di setiap client. Hasil evaluasi yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang memuaskan, dimana para user yang menguji aplikasi client menyatakan bahwa aplikasi ini berguna bagi para pengunjung bandara. Dan para user yang menguji aplikasi server menyatakan bahwa aplikasi telah dapat memudahkan tugas operator dalam melakukan administrasi client-client yang ada. Jadi, tujuan dari tugas akhir ini sudah terpenuhi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 09:19 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 09:19 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/8828 |
Actions (login required)
View Item |