Anggraeni, Fifiana Novin and Trisnawati, Juliani Dyah and Darmasetiawan, Noviaty Kresna (2009) STUDI DESKRIPTIF KEPUASAN WISTAWAN SURABAYA YANG MELAKUKAN PERJALANAN WISATA KE LOMBOK BERDASARKAN METODE HOLIDAY SATISFACTION. Bunga Rampai Penelitian Pariwisata di Jawa Timur. pp. 90-100. ISSN 2086-2229
Preview |
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan wisatawan_Abstract_2009.pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
Preview |
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan wisatawan_2009.pdf - Published Version Download (203kB) | Preview |
Preview |
PDF
Trisnawati_Studi deskriptif kepuasan wisatawan_Reference_2009.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
Abstract
Industri pariwisata merupakan fenomena yang sangat kompleks dan unik karena pariwisata bersifat multidimensi, yang meliputi industry-industri lain, di antaranya industri souvenir dan cinderamata, industry restoran, industri transportasi, dan industri perhotelan. Tiap bagian dalam industri pariwisata harus saling mendukung dan bekerjasama dengan baik agar kepuasan wisatawan terhadap industri pariwisata secara keseluruhan dapat tercapai.Penelitian ini menggunakan obyek penelitian industri pariwisata di pulau Lombok, yang memiliki persentase peningkatan jumlah kunjungan wisatawan terbesar dari tahun 2006 ke 2007 dari 5 daerah tujuan wisata yang dikembangkan oleh Depbudpar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kepuasan wisatawan Surabaya yang pernah melakukan perjalanan wisata ke Lombok berdasarkan metode Holiday Satisfaction. Metode ini dilakukan dengan membandingkan harapan dan persepsi wisatawan terhadap kategori menurut metode Holiday Satisfaction. Kategori tersebut meliputi kategori daerah tujuan wisata, toko souvenir dan cinderamata, restoran, pusat seni dan budaya, transportasi, hotel, dan sumber informasi bagi wisatawan. Kemudian dilakukan analisis kuadran untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari tiap- tiap kategori, serta untuk memberikan gambaran kepada pihak yang terkait dalam industri pariwisata mengenai apa yang menjadi prioritas untuk diperbaiki demi tercapai kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan close ended question dengan alternative jawaban berupa 5 skala jenjang, di mana 1 bernilai negatif dan 5 bernilai positif. Kuesioner yang akan diolah dalam penelitian ini berjumlah 100, dengan karakteristik responden yaitu orang yang bertempat tinggal di Surabaya selama tahun 2006 sampai 2008 dan pernah melakukan perjalanan wisata ke Lombok minimal sekali dalam kurun waktu antara Januari 2006 sampai September 2008 serta mengetahui dan menikmati industry pariwisata di Lombok. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wisatawan merasa tidak puas terhadap seluruh kategori dalam Holiday Satisfaction, yang ditunjukkan dengan kepuasan wisatawan (selisih antara pesepsi dengan harapan) yang bernilai negatif. Analisis kuadran yang telah dilakukan memberikan gambaran lebih jelas mengenai kepuasan wisatawan, kekuatan dan kelemahan dari masing-masing kategori. Selanjutnya pada penelitian ini juga diberikan rekomendasi yang ditujukan kepada para pengelola bisnis pariwisata, pemerintah, dan pihak lain yang terkait, di mana rekomendasi ini diharapkan mampu meningkatkan kepuasan wisatawan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan wisatawan, SERVQUAL, Holiday Satisfaction, wisata ke Lombok. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 05:03 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 08:04 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
View Item |