Pengaruh Edukasi Melalui Media Visual Buku Ilustrasi Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2

TJAHJONO, YOSEPHIN PUTERI (2013) Pengaruh Edukasi Melalui Media Visual Buku Ilustrasi Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3556_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3556_Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232443

Abstract

Pengelolaan diabetes dimulai dengan edukasi pasien yang menjadi peran apoteker. Dalam melakukan edukasi, dapat digunakan alat bantu berupa media audio dan visual untuk membantu menyampaikan informasi. Untuk mengetahui bagaimana efektivitas media visual berupa buku ilustrasi sebagai alat bantu edukasi, dilakukan penelitian mengenai pengaruh edukasi dengan media ini terhadap pengetahuan dan kepatuhan pasien diabetes tipe 2. Sebanyak 20 pasien diabetes mellitus tipe 2 yang menjadi subyek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok, kontrol dan uji (masing-masing 10 pasien). Subyek kelompok kontrol tidak mendapat edukasi dalam bentuk apapun, sedangkan pada subyek kelompok uji dilakukan intervensi berupa edukasi dengan media buku ilustrasi. Pengetahuan dan kepatuhan diukur menggunakan kuisioner yang diberikan sebelum dan 2 minggu setelah intervensi dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kepatuhan signifikan pada kelompok uji dibandingkan kelompok kontrol. Hasil analisis secara statistik juga menunjukkan bahwa edukasi melalui media visual berupa buku ilustrasi mempengaruhi pengetahuan dan kepatuhan pasien diabetes mellitus tipe 2.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, pengetahuan, kepatuhan, edukasi, buku ilustrasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 Apr 2014 06:41
Last Modified: 02 Apr 2014 06:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/9403

Actions (login required)

View Item View Item