Uji Daya Hambat Perasan Rimpang Curcuma Domestica Val (Kunyit) Terhadap Isolat Jamur Aspergillus SP Pada Tahu Terkontaminasi.

Maulany, Yudith Febby (2000) Uji Daya Hambat Perasan Rimpang Curcuma Domestica Val (Kunyit) Terhadap Isolat Jamur Aspergillus SP Pada Tahu Terkontaminasi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_952_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_952_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150937

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui adanya aktivitas antijamur perasan rimpang kunyit (Curcurma domestica Val.) terhadap jamur Aspergillus sp dibandingkan dengan Metil paraben (Nipagin). Rimpang kunyit (Curcuma domestica Val.) yang digunakan diblender hingga halus kemudian diperas dan disaring. Dibuat perasan rimpang kunyit (Curcuma domestica Val.) beberapa konsentrasi yaitu 30% untuk mewakili konsentrasi rendah, 60%untuk mewakili konsentrasi sedang dan 90% untuk mewakili konsentrasi tinggi. Konsentrasi larutan Metil paraben yang digunakan yaitu 0,15%, 0,20% dan 0,25% dengan pertimbangan, berdasarkan orientasi awallarutan Nipagin pada konsentrasi 0,05% dan 0,10% tidak mampu menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus sp. Perasan rimpang Curcuma domesfica Val (kunyit) dan larutan Nipagin diuji daya hambatnya terhadap jamur Aspergillus sp dengan metode cylinder cup. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa perasan rimpang kunyit (Curcurna domestica Val.) tidak menunjukkan adanya daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Aspergillus sp sehingga kesetaraannya terhadap larutan Metil paraben tidak dapat diketahui. Untuk daya hambat Iarutan Metil paraben terhadap pertumbuhan jamur Aspergillus sp diperoleh hasil sebagai berikut : larutan Metil paraben 0,15%memberikan diameter hambatan sebesar 1,191 cm, larutan Metil paraben 0,20% memberikan diameter hambatan sebesar 1,509 cm dan larutan metilparaben 0,25% memberikan diameter hambatan sebesar 1,773 cm.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 08 Apr 2014 04:40
Last Modified: 08 Apr 2014 04:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item