SARI, NOOR LATHIFAH (2012) Analisis Kepuasan Pasien terhadap Layanan Home Pharmacy Care di Apotek UBAYA. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
F_3456_Abstrak.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Apoteker di sarana pelayanan kesehatan mempunyai tanggung jawab dalam memberikan informasi yang tepat tentang terapi obat kepada pasien.Sesuai dengan KepMenKes Nomor 1027/Menkes/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian, home pharmacy care merupakan salah satu upaya partisipasi aktif dari farmasis sebagai care giver. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis pelayanan kefarmasian yang diterima pasien, tingkat kepuasan pelanggan terhadap pengelolaan pengobatan dan tingkat kepuasan terhadap kemampuan apoteker dalam berelasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif-inferensial dengan kuesioner yang terdiri dari dua dimensi yaitu pengelolaan pengobatan dan kemampuan apoteker dalam berelasi. Data dikumpulkan pada Bulan Juni 2012 dengan sampel penelitian sebanyak 30 orang pasien layanan home pharmacy care di Apotek Ubaya yang diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis layanan kefarmasian yang paling banyak didapat pelanggan adalah penjelasan mengenai aturan pakai obat sebanyak 29 orang (96,67%). Rata-rata kepuasan pasien terhadap pengelolaan pengobatan dan kemampuan apoteker berelasi adalah sebesar 3,2 dan 3,5 yang dengan kategori sangat puas . Tingkat kepuasan pelanggan terhadap dua dimensi tersebut tidak berbeda signifikan antara jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan maupun pengadaan layanan home pharmacy care.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pharmaceutical care, Home Pharmacy Care, Kepuasan, Apotek Ubaya |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 08 Apr 2014 05:54 |
Last Modified: | 08 Apr 2014 05:54 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10161 |
Actions (login required)
View Item |