Analisis Tingkat Kekebalan Stress dan Coping Stres Pada Mahasiswa Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit

., LILYANA (2012) Analisis Tingkat Kekebalan Stress dan Coping Stres Pada Mahasiswa Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3457_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3457_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230324

Abstract

Stres dapat mempengaruhi kesehatan seseorang terutama pada aspek mental. Diperlukan suatu pengatasan stres (coping stress) yang tepat untuk mengatasi setiap keadaan stres yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekebalan stres, coping stress dan strategi coping stress pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret 2012 sampai bulan Juni 2012 dengan sampel mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya sebanyak 164 responden. Kekebalan stres diukur menggunakan skala Miller dan Smith, coping stress diukur menggunakan kuesioner Brief Cope. Data dari coping stress yang didapat kemudian dikelompokkan menjadi beberapa strategi coping stress. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kekebalan stres 128 responden kebal dan 36 responden kurang kebal. Coping stress yang digunakan adalah problem focused coping dan emotional focused coping. Sedangkan strategi coping stress yang sering digunakan oleh responden adalah mengalihkan diri, menggunakan dukungan instrumental, melihat lebih positif, merencanakan, menerima dan agama. Hasil uji korelasi untuk kekebalan stres dan coping stress menunjukkan korelasi yang lemah, dan korelasi yang sangat lemah antara kekebalan dan strategi coping stress

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Skala Miller and Smith, Brief Cope, coping stress, kekebalan stres
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 08 Apr 2014 06:03
Last Modified: 08 Apr 2014 06:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item