Study Deskriptif Destination Branding Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Wisatawan Domestik

ANTONO, JERRY (2012) Study Deskriptif Destination Branding Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Wisatawan Domestik. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5152_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5152_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227935

Abstract

Surabaya memiliki banyak potensi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Surabaya. Namun untuk bisa menarik lebih banyak wisatawan, maka Surabaya harus memiliki identitas tertentu sebagai bentuk diferensiasi dari kota Surabaya diantara kota lainnya. Pemberian identitas Surabaya ini dinamakan sebagai bentuk destination branding atas kota Surabaya. Dari sigi awal, nampak bahwa tujuan wisatawan mengenai Surabaya adalah cenderung untuk berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui destination branding yang sesuai dengan kota Surabaya untuk menarik wisatawan mengunjungi Surabaya. Penelitian ini adalah Study deskriptif, variabel penelitian ini adalah destination branding dengan komponen: daya tarik (attraction), fasilitas fasilitas publik dan personal (public and private amenities), aksesbilitas menuju Surabaya (accesbility), sumberdaya manusia (human resources), citra dan karakteristik (image and character), biaya hidup atau harga berbagai barang di Surabaya (price). Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 133 sampel. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis deskriptif, diagram bar chart, dan tabulasi silang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa destination branding tertinggi kota Surabaya adalah price yang menyangkut biaya hidup yang harus dikeluarkan wisatawan sehubungan dengan kegiatan mengunjungi kota Surabaya yang didukung dengan keberadaan hotel di Surabaya. Komponen destination branding terendah adalah accesbility.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Destination Branding, Surabaya, Wisatawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 10 Apr 2014 09:30
Last Modified: 10 Apr 2014 09:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item