Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard Di USP Lima Jaya Surabaya

Wijaya, Agung (2002) Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard Di USP Lima Jaya Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_1804_Abstrak_.pdf]
Preview
PDF
TM_1804_Abstrak_.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136153

Abstract

Memasuki era globalisasi, semua pelaku bisnis termasuk koperasi, harus mampu bersaing dan bertahan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dan tantangan yang semakin berat. USP "Lima Jaya" sebagai salah satu bentuk dari bidang usaha koperasi dituntut untuk dapat bersaing dan bertahan di dalam persaingan yang ketat Dalam menghadapi persaingan yang ketat antar badan usaha, menuntut pihak manajemen untuk dapat melakukan proses manajemen penting. Pengukuran kinerja sebagai salah satu proses manajemen yang penting diharapkan mampu memberikan masukan terhadap strategi yang dimiliki oleh badan usaha. Balance Scorecard adalah salah satu metode pengukuran kinerja yang menyediakan kerangka pengukuran kinerja yang koprehensif, selaras, terukur dan seimbang atas kinerja keuangan dan non keuangan, kinerja jangka panjang dan kinerja jangka pendek. Balance Scorecard menerjemahkan strategi ke dalam empat perspektif yaitu financial, customer, internal business process, learning and growth. Balance Scorecard menerjemahkan visi, misi dan strategi badan usaha ke dalam empat perspektif Balance Scorecard dimana strategi diterjemahkan ke dalam tujuan-tujuan pada masing perspektif dan dipilih tolok ukur yang sesuai untuk pencapaian tujuan-tujuan tersebut. Hasil pengukuran kinerja yang dilakukan pada USP "Lima Jaya", diperoleh hasil bahwa kinerja keseluruhan USP "Lima Jaya" pada tahun 2000 adalah baik dengan nilai pengukuran kinerja keseluruhan sebesar 2,654. Pada tahun 2001 hasil pengukuran kinerja USP "Lima Jaya" adalah baik dengan nilai pengukuran kinerja keseluruhan sebesar 2,716. Kinerja keseluruhan USP "Lima Jaya" secara keseluruhan mengalami peningkatan meskipun kecil. Peningkatan kinerja keseluruhan tersebut terjadi karena adanya peningkatan yang signifikan pada kinerja perspektif customer.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 15 Apr 2014 07:54
Last Modified: 15 Apr 2014 07:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/10884

Actions (login required)

View Item View Item