Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kompensasi Dengan Pelaksanaan Tanggung Jawab Guru SD

Setorini, Berty (2004) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kompensasi Dengan Pelaksanaan Tanggung Jawab Guru SD. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_172_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_172_Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/151976

Abstract

Mengingat beratnya tanggung jawab guru, maka untuk menjalankan profesi ini hams berangkat dari panggilan hati nurani bukan karena masalah pendapatan. Tetapi bagi seorang guru dengan gaji yang cenderung lebih rendah dibanding profesi lain, dikuatirkan kebahagiaan hidup mereka tidak tercapai dan juga dalam hal pelaksanaan tanggung jawab sebagai seorang guru. Untuk mencapai pelaksanaan tanggung jawab guru perlu diperhatikan adalah bagaimana penerimaan guru terhadap kompensasi yang diberikan. Penerimaan guru tersebut dipengaruhi oleh persepsi masing-masing, dimana guru akan menilai berdasarkan pengalaman yang mereka rasakan. Pelaksanaan tanggung jawab guru adalah salah satu masalah dalam menjalankan profesi dan konsekuensi jabatan terhadap tugas yang diembannya dalam membimbing siswa. Persepsi terhadap kompensasi adalah interpretasi terhadap imbalan yang diberikan, seperti gaji, tunjangan, pemberian penghargaan untuk memenuhi kesejahteraan hidup. Dari permasalahan di atas peneliti ingin menguji. Apakah ada hubungan antara persepsi terhadap kompensasi dengan pelaksanaan tanggungjawab guru? Subyek penelitian ini adalah 35 orang guru dari dua SD Negeri di Surabaya. Pengumpulan data untuk variabel persepsi terhadap kompensasi maupun pelaksanaan tanggung jawab guru menggunakan metode angket. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis statistik product moment pearson pada SPSS for windows versi 1 0.00. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang signiflkan antara persepsi terhadap kompensasi dengan pelaksanaan tanggung jawab guru (r=0,449, p < 0,05). Dari penghitungan lebih lanjut, diperoleh sumbangan efektif yang diberikan persepsi terhadap kompensasi dengan pelaksanaan tanggung jawab guru sebesar 24,9%. Saran bagi sekolah untuk lebih memperhatikan pada pemberian kompensasi yang non financial, seperti pemberian penghargaan, kenaikan tingkat, dalam upaya melakukan kompensasi terhadap gaji yang tidak mudah untuk dinaikkan. Bagi guru agar bisa mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan tanggung jawabnya sebagai guru. Bagi penelitian selanjutnya lebih menekankan pada aspek-aspek pelaksanaan tanggung jawab guru.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 16 Apr 2014 09:28
Last Modified: 16 Apr 2014 09:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item View Item