Penerapan Confrontation Strategy Dengan Didukung Kaizen Costing Dalam Proses Pengurangan Biaya Pada Tahap Produksi Pada PT. X Di Sidoarjo

Muliady, Vivi (1998) Penerapan Confrontation Strategy Dengan Didukung Kaizen Costing Dalam Proses Pengurangan Biaya Pada Tahap Produksi Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1052_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1052_Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153761

Abstract

Persaingan yang ketat saat ini menuntut badan usaha agar selalu melakukan perbaikan-perbaikan yang berkesinambungan baik dalam biaya, kualitas, fungsi, desain produk maupun penyempurnaam tahap produksinya. Agar badan usaha tetap survive, maka diperlukan strategi bersaing yang tepat dan sesuai dengan kondisi badan usaha. Badan usaha harus dapat menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing dalam industrinya dengan melakukan inovasi terus menerus. Namun dalam lingkungan persaingan saat ini, tidak ada satu organisasipun yang dapat membangun sustainable competitive advantages, sehingga mereka memilih masuk dalam persaingan untuk menciptakan temporary competitive advantages dengan cepat dan masih dapat memberikan laba. Tetapi hal tersebut juga tidak dapat membuat badan usaha berbeda di mata konsumen. Untuk dapat bertahan, maka badan usaha sebaiknya mengadopsi Generic Confrontation Strategy. Pada lingkungan konfrontasi yang demikian, maka konsumen menjadi sangat berkuasa dan tidak mempunyai kesetiaan terhadap suatu badan usaha tertentu, sehingga, untuk dapat sukses badan usaha harus dapat menciptakan produk yang mampu memenangkan kepuasm konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan memfokuskan perhatian pada tiga karakteristik produk yang penting, yang disebut Survival riplet, yaitu terdiri dari: cost price, quality dan functionality. Produk yang mempunyai ketiga karakteristik tersebut, dapat diterima oleh konsumen serta dapat menghasilkan tingkat pengembalian yang berada dalam survival zones. Untuk itu, badan usaha harus terus-menems memantau perubahan permintaan konsumen, mengembangkan sistem yang terintegrasi untuk mengelola cost, quality dan functionality serta menciptakan konteks organisasi yang dapat mendukung keberhasilan sistem tersebut. Hal yang perlu ditekankan dalam menghadapai confrontatiun strategy adalah perlunya komitmen dari seluruh personel yang ada dalam organisasi untuk mendukung misi dan tujuan organisasi, dengan demikian tujuan dari cost management adalah untuk menanamkm pada diri setiap orang yang ada dalam badan usaha tersebut untuk melakukan cost reduction. Pada pembahasan skripsi ini, teknik cost management yang digunakan untuk mengelola kakteristik cost dari survival triplet adalah Kaizen Costing, tanpa mengabaikan quality dan functionality. Kaizen costing bertujuan untuk mengeleminasi aktivitas yang tidak efisien yang terjadi pada proses produksi. Kaizen systems tidak hanya sekedar ditujukan...

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 17 Apr 2014 03:56
Last Modified: 17 Apr 2014 03:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item