Perbandingan Daya Antioksidan Ekstrak Etanol Kulit Buah Naga Daging Buah Merah (hylocereus Polyrhizus) Dan Putih (hylocereus Undatus) Terhadap Dpph (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl)

RISKAA, BAYU (2013) Perbandingan Daya Antioksidan Ekstrak Etanol Kulit Buah Naga Daging Buah Merah (hylocereus Polyrhizus) Dan Putih (hylocereus Undatus) Terhadap Dpph (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3665_ Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3665_ Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234055

Abstract

Buah naga atau dragon fruit merupakan tanaman yang dapat menangkal bahaya radikal bebas. Kulit buah naga belum dimanfaatkan dan hanya dibuang sebagai sampah. Hal ini sangat disayangkan karena kulit buah naga mempunyai beberapa keunggulan. Telah dilakukan uji perbandingan daya antioksidan dari ekstrak etanol kulit buah naga daging buah merah dan putih secara kualitatif dan kuantitatif. Pengujian daya antioksidan secara kualitatif, mengguanakn reaksi warna, ditunjukkan dengan memudarnya warna ungu dari larutan DPPH (1,1-Diphenyl-2-Picrylhidrazil) menjadi kuning. Pada pengujian secara kuantitatif dengan spektrofotometri sinar tampak, menggunakan metode DPPH. Absorbansi diamati pada panjang gelombang 520,4 nm pada menit ke-10 untuk kedua macam sampel. Hasilnya didapatkan nilai EC50 ekstrak etanol kulit buah naga daging buah merah adalah 2714,03 bpj dan nilai EC50 ekstrak kulit buah naga daging buah putih adalah 1205,04 bpj. Hasil perhitungan statistik dengan t-test (α = 0,05), memunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara EC50 ekstrak etanol kulit buah naga daging buah merah dan putih. Dari hasil nilai EC50 dapat diketahui bahwa ekstrak etanol kulit buah naga daging buah putih mempunyai daya peredam radikal bebas lebih baik daripada ekstrak etanol kulit buah naga daging buah merah.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Radikal bebas, DPPH, Kulit buah naga, Hylocereus polyrhizus, Hylocereus undatus.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 21 Apr 2014 09:18
Last Modified: 21 Apr 2014 09:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/11438

Actions (login required)

View Item View Item