Pelaksanaan Compliance Test Dalam Rangka Menilai Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Atas Aktivitas Penjualan Kamar Pada Hotel X Di Surabaya

Novia, Maria Elizabeth (1998) Pelaksanaan Compliance Test Dalam Rangka Menilai Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Atas Aktivitas Penjualan Kamar Pada Hotel X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_1129_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_1129_Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153683

Abstract

Pertumbuhan pariwisata Indonesia sungguh mengagumkan. Hal itu bisa dilihat dari angka perolehan devisa yang terus meningkat. Pada tahun 1995 perolehan devisa sektor ini mencapai US$ 5.312 juta (1,43%) atau ranking 19 dunia. Kenyataan tersebut memacu pemerintah untuk mencanangkan proyeksi penerimaan devisa sektor pariwisata pada Pelita VI sebesar US$ 8,9 miliar dan Pelita VII sebesar US$ 15,O miliar. Target wisatawan yang dicanangkan 11 juta wisman clan 90 juta wisnus, meskipun tahun 1997 penerimaan devisa menurun akibat memanasnya suhu politik yang diakibatkan oleh pesta demokrasi. Secara akumulatif akhir tahun ini tetap terjadi peningkatan. Bagi Indonesia, kedudukan sektor pariwisata ini sangat vital dalam perekonomian karena sumbangannya sebagai penghasil devisa negara. Dilihat dari angka perolehaanya yang terus meningkat, dengan pertumbuhan rata-rata 18% pertahun selama 10 tahun terakhir, industri pariwisata telah menempatkan diri sebagai salah satu sektor penyumbang devisa yang potensial. Dengan prospek industri pariwisata yang cerah ini, apalagi dengan semakin meningkatnya pengeluaran wisatawan yang berkunjung ke Indonesia maka berdampak bagi peningkatan produk layanan di sektor pariwisata. Mereka yang bergerak di sektor ini berlomba-lomba untuk memberikan mutu pelayanan yang terbaik Hotel merupakan industri jasa yang sarat tuntutan kualitas pelayanan. Tanpa memiliki keunggulan akan daya saing dalam melayani tamu hotel tersebut berangsur-angsur ditinggalkan wisatawan. Disamping itu sebuah hotel dianggap memiliki kelas, jika lengkap prasarananya. Dengan semakin menjamurnya jumlah hotel di Surabaya, tentunya hal ini menimbulkan persaingan dalam bisnis perhotelan. Persaingan ini tidak sebatas pada mutu layanan saja tapi juga termasuk persaingan tarif. Persaingan dalam bentuk perang tarif ini bertujuan untuk mendongkrak tingkat hunian kamar hotel. Hal ini karenakan transaksi dari penjualan kamar hotel merupakan transaksi utama operasional badan usaha sehari-hari.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 28 Apr 2014 02:56
Last Modified: 30 Apr 2014 06:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12037

Actions (login required)

View Item View Item