Penetapan Kadar, Uji Pencirian dan Aktivitas Minyak Atsiri Rimpang Dringo (Acorus calamus L.) Segar sebagai Penolak Serangga dengan Bioindikator Kutu Beras (Calandra oryzae L.)

., Winarsih (2003) Penetapan Kadar, Uji Pencirian dan Aktivitas Minyak Atsiri Rimpang Dringo (Acorus calamus L.) Segar sebagai Penolak Serangga dengan Bioindikator Kutu Beras (Calandra oryzae L.). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_1448_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_1448_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150386

Abstract

Besarnya konsumsi bahan makanan oleh masyarakat Indonesia menuntut petani dan pemerintah untuk menyediakan bahan makanan terutama beras agar cukup tersedia untuk dikonsumsi. Salah satunya dengan penggunaan pestisida sintetis pada saal penyimpanan bahan makanan tersebut di gudang. Namun dalam penggunaannya, sering menimbulkan bahaya keracunan serta kerusakan lingkungan. Hal ini mendorong dilakukannya penelitian untuk mendapatkan pestisida hayati yang efektif, aman, dan dengan dampak negatif yang seminimal mungkin. Pada penelitian terdahulu, dibuktikan bahwa minyak atsiri rimpang dringo (Acoruv calamus L.) mempunyai khasiat sebagai insektisida. Pada penelitian ini dilakukan uji aktifitas penolak serangga (insect repellant) minyak atsiri rimpang dringo (Acorus calamus L.) segar dengan bioindikator katu beras (Calandra oryzae L.), dimana hasil yag diperoleh menunjukkan bahwa minyak atsiri rimpang dringo (Acorus calamus L.) segar mempunyai aktifitas sebagai penolak serangga pada konsentrasi 100,300,400,500 bpj sedangkan pada konsentrasi 50 bpj tidak menunjukkan aktifitas. Selain itu dilakukan uji penetapan kadar yang menunjukkan kadar sebesar 2,76%(v/b); uji organoleptis diperoleh warna: kuning, bau: khas, spesifik, rasa: pahit terasa tebal di lidah; uji indeks bias menunjukkan nilai sebesar 1,5437; uji bobot jenis menujukkan nilai sebesar 1 ,0665 g/ml; dan hasil analisis KL T dan spektrofotodensitometri menunjukkan adanya beberapa senyawa penyusun minyak atsiri.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 29 Apr 2014 03:53
Last Modified: 29 Apr 2014 03:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item View Item