Tamtelahitu, Maya (2000) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pekerjaan Dengan Semangat Kerja Customer Service. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dengan pertumbuhan dunia usaha yang pesat, mengakibatkan peta persaingan dibidang bisnis eceran semakin meningkat. Pada kota-kota besar kita jumpai supermarket. Di kota Surabaya sendiri terdapat lebih dari satu supermarket. Peran karyawan bagian Customer Service sangat penting karena karyawan bagian Customer Service yang langsung berhadapan dengan konsumen. Apabila dalam memberikan jasa kepada konsumen tidak begitu baik, da1am arti tidak ada semangat kerja yang tinggi dari karyawan tersebut, maka konsumen tidak akan berbelanja lagi di supermarket tersebut. Dalam hal ini semangat kerja sangat berhubungan erat dengan bagaimana seseorang memandang atau mempersepsikan pekerjaannya. Kekeliruan dalam persepsi dapat berakibat kurang rnenguntungkan Sedangkan persepsi yang positif terhadap pekerjaan akan menimbulkan kepuasan dalam bekerja. Maka adanya persepsi yang baik atau positif terhadap pekeijaan akan menimbulkan s~ap positif terhadap pekerjaan, kemudian sikap positif ini aakan mendorong semangat kerja karyawan (Terry, G.R., 1986:337). Subyek penelitian ini adalah karyawan Supermarket Sinar bagian Customer Service di Surabaya. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Selanjutnya untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan tehnik Statistik Moment Tangkar dari Pearson. Dari analisis data diperoleh hasil r = 0,579 dan p < 0,0 1. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap pekerjaan dengan semangat kerja terhadap karyawan bagian Customer Service Supermarket Sinar di Surabaya. Faktor persepsi terhadap pekerjaan rnemberikan sumbangan terhadap semangat keija adalah sebesar 33,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar memperluas subyek pada penehtian baik dalam jumlah atau korelasi dalam pene1itian agar basil penelitian dapat digunakan untuk genera1isasi yang lebih luas, melakukan kontrol terhadap variabel-variabel yang baik dalam penelitian, seperti: jenis kelamin, masa keija dan pendidikan. Bagi perusahaan dapat mempertimbangkan kebijaksanaan karyawan dan mengadakan training.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 31 Oct 2012 07:11 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 05:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |