Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Kreativitas pada Tenaga Kreatif di Biro Iklan

Suryanegara, Candi (2000) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Kreativitas pada Tenaga Kreatif di Biro Iklan. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148981

Abstract

Seiring makin ketat persaingan di dunia bisnis, kerja keras tidaklah lagi mencukupi sebagai modal untuk bersaing. Hal tersebut karena kerja keras pada akhirnya akan sampai pada suatu batasan di mana manusia tidak akan mampu lebih jaub lagi untuk melakukannya. Penulis melihat bahwa untuk menjawab persoalan tersebut, kreativitas adalah salah satu alternatifuya. Kreativitas tidak akan pernah ada batasannya, dan lebih penting bahwa pada dasamya semua orang bisa menjadi lebih kreatifwalau dalam level yang berbeda satu sarna lain. Kreativitas itu sendiri dalam pengamatan penulis, kurang mendapat perhatian serius di Indonesia. Orang masih enggan untuk menghargai, rnenghasilkan sesuatu dari kreativitas. Pada urnumnya orang di Indonesia (terutama para pelaku bisnis) lebih suka rnemilih jalan pintas, misalnya dengan menjiplak, menyadur, memplesetkan dibanding me.ncipta. Penulis mengamati ada suatu keenggan.an untuk berpikir secara kreatif. Lebih jauh penulis melihat bahwa masalah kreativitas ini terkart dengan suan1 proses. Kreativitas memang tidak begitu saja bisa dimWlculkan. Ide besar tidak lahir setiap hari. itulah yang dalam pengamatan penulis membtiat orang enggan melakukannya. Dalam proses kreatif ada banyak faktor yang dibutuh.kan, yang berbeda antara suatu bidang dengan bidang yang lain. Kreativitas bisa pula dipandang dari berbagai hal. misal: sifat, strategi elemen, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentiflkasi faktor-faktor yang terkait dalarn pembentukan kreativitas pada tenaga kreatif di biro iklan. Tekni.k penga.mbilan sampling menggunakan pU!posive sampling. Metode analisis data yang diglmakan ad.alah analisis faktor. Dalam menghitung data statistik digun.abn program SPSS for windows 9.0. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 tenaga kreatif di beberapa biro iklan di Surabaya. Alasan pemilihan populasi ini adalah karena tim kreatif disebuah biro iklan dituntut untuk bekerja dengan standar kreativitas yang tinggi. Dari hasil analisis data dan perhitungan data statistik menunjukkan bahwa kreativitas pada tenaga kreatif di biro iklan dipengaruhi oleh empat faktor yaitu: a) Faktor I adalah humor yang imajinatifyaitu adanya sense of humor yang dipahami penulis sebagai suatu bentuk sifat lepas, non formal, non konformis. Style kehidupan yang dijiwai oleh mental playful/ness yang merupakan inspirasi bagi para tenaga kreatif dalam bekerja. b) Faktor II adalah konsentrasi pada pekerjaan yaitu kemampuan untuk berkonsentrasi/memfokuskan perhatian pada proyek kreatif yang sedang dikerjakan. c) Faktor III adalah faimess yaitu faktor kesediaan untuk terbuka terhadap berbagai masalah dan pengalaman serta kesadaran diri akan kelebihan dan kekurangan masing-masing. d) Faktor IV adalah kemampuan bekerja secara tim yaitu bahwa suatu kreativitas iklan rnerupakan hasil kerja team. Walaupun konsep kreatif merupakan tanggungjawab dari tenaga kreatiftapi tidak lepas dari pihak·pihak yang lain. Penulis menyimpulkan bahwa ada 3 hal yang berkaitan dengan faktor pembentuk kreativitas pada tenaga kreatif di advertising yaitu personal characteristic yaitu adanya sense of humor dan fairness; faktor cognitive abilities yaitu kapasitas konsentrasi pada pekerjaan; social environment yaitu kemampuan berinteraksi sosial secara baik pada pihak-pihak lain yang terkait pada proses kreatif di biro iklan. Berdasarkan hasil penelitian analisis faktor pernbentuk kreativitas pada tenaga kreatif di biro iklan diharapkan biro iklan Surabaya dapat menjalin suatu kerja sama tim yang baik sehingga dapat rnenghasilkan suatu karya yang kreatif, serta mau belajar dari pengalarnan orang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 31 Oct 2012 07:15
Last Modified: 29 Sep 2020 06:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item