Pengaruh Celebrity Endorser Sandra Dewi Dan Ello Terhadap Purchase Intention Shampoo Clear di Surabaya

SUTANTO, OLIVIA ARYANI (2011) Pengaruh Celebrity Endorser Sandra Dewi Dan Ello Terhadap Purchase Intention Shampoo Clear di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5026_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5026_Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225449

Abstract

Saat ini banyak perusahaan menggunakan celebrity endorser dalam mengiklankan produk dengan tujuan agar produk lebih dikenal oleh banyak orang. Celebrity endorser yang kredibel dan memiliki daya tarik dianggap lebih mudah mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek yang diendorser dan menciptakan purchase intention. PT Unilever menggunakan Sandra Dewi dan Ello sebagai endorser Shampoo Clear dengan harapan agar pesan iklan sampai dan diterima dengan baik oleh audience, dan selanjutnya tercipta minat beli produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh celebrity endorser Sandra Dewi dan Ello terhadap purchase intention Shampoo Clear di Surabaya. Jenis penelitian adalah kausal (causal research) dengan menggunakan pendekatan kuantiatif. Penelitian ini menggunakan sampel dengan karateristik seluruh responden berdomisili di Surabaya, tingkat pendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat, pernah melihat dan mampu mengingat pesan yang disampaikan oleh Sandra Dewi dan Ello dalam tayangan iklan Shampoo Clear. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara acak kepada 120 responden. Dalam penelitian ini, data diolah menggunakan uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t untuk mengetahui signifikansi koefisien regresi. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi phi = 0,247CE1 + 0,335CE2 dimana pengaruh celebrity endorser Sandra Dewi terhadap purchase intention sebesar 0,247 dan Ello sebesar 0,335. Celebrity endorser Ello dianggap lebih mampu menciptakan purchase intention untuk produk Shampoo Clear dibandingkan dengan Sandra Dewi. Namun secara keseluruhan berdasarkan uji F dan uji baik secara parsial maupun bersama-sama celebrity endorser Sandra Dewi dan celebrity endorser Ello memiliki pengaruh terhadap purchase intention Shampoo Clear di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 May 2014 09:14
Last Modified: 02 May 2014 09:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12717

Actions (login required)

View Item View Item