Perbandingan Aktivitas Hambatan Pembentukan Khelat 1,10-Fenantrolin dan FeSO4 Antara Ekstrak N-Heksan Tomat Sayur (Solanum Lycopersicumvar, Sayur) dan Tomat Buah (Solanum Lycopersicumvar. Granola)

Suryani, Adelia (2011) Perbandingan Aktivitas Hambatan Pembentukan Khelat 1,10-Fenantrolin dan FeSO4 Antara Ekstrak N-Heksan Tomat Sayur (Solanum Lycopersicumvar, Sayur) dan Tomat Buah (Solanum Lycopersicumvar. Granola). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3182_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3182_Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/222575

Abstract

Telah dilakukan uji hambatan tomat sayur (Solanum lycopersicum var. sayur) dan tomat buah (Solanum lycopersicum var. granola) terhadap pembentukan khelat antara 1,10-fenantrolin dan FeSO4 secara spektrofotometri tampak. Tomat sayur dan tomat buah diekstraksi secara maserasi kinetik menggunakan n-heksan. Uji aktivitas hambatan terhadap pembentukan khelat menggunakan larutan uji ekstrak n-heksan pada konsentrasi 8 bpj, 10 bpj dan 12 bpj. Absorbansi diukur secara spektrofotometri tampak pada panjang gelombang (λ) 509 nm. Besarnya aktivitas hambatan diukur sebagai persen hambatan terhadap pembentukan khelat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hambatan ekstrak n-heksan tomat sayur dan tomat buah pada konsentrasi 10 bpj masing-masing adalah 0,56 % dan 0,87 %. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas hambatan pembentukan khelat ekstrak nheksan tomat buah lebih besar dari pada tomat sayur.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Fenantrolin,N-Heksan,Solanum Lycopersicum Var,Solanum Lycopersicum Var
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 05 May 2014 07:25
Last Modified: 05 May 2014 07:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item