Studi Experiential Marketing terhadap Pelanggan Garuda Indonesia

WONGSO, JERRY (2012) Studi Experiential Marketing terhadap Pelanggan Garuda Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5089_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5089_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227534

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap pelanggan Garuda Indonesia. Perilaku Pelanggan ditinjau dari: apa yang pelanggan cenderung rasakan melalui panca indra, perasaan, pemikiran, kebiasaan, dan relasi dari pengalaman yang mereka alami saat mereka menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Penelitian ini menggunakan transkrip wawancara. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 7 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh experiential marketing terhadap pelanggan Garuda Indonesia beragam. Upaya Garuda Indonesia dalam memperhatikan experiential marketing dalam memberikan “experience” kepada pelanggannya membuat Garuda Indonesia memiliki daya tarik yang lebih dibandingkan dengan pesaing pesaing lainnya. Elemen-elemen pengukurnya adalah sense experience, feel experience, think experience, act experience, dan relate experience. Untuk mendapatkan data primer melalui wawancara langsung secara mendalam (depth interview) terhadap informan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan mengenai penerapan faktor experiential marketing pada pelanggan Garuda frequent flyer yang berdomisili di Surabaya, yang melakukan perjalanan menggunakan maskapai Garuda Indonesia minimal 1 kali dalam setahun. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk faktor sense experience hampir semua aspek dapat dirasakan pelanggan Garuda Indonesia. Faktor feel experience merupakan faktor yang paling menonjol dari semua elemen karena dapat dirasakan melalui kepuasan pelayanan dan pengalaman dari penggunaan setiap fasilitas Garuda Indonesia. Faktor think experience lebih dirasakan melalu manfaat dari produk-produk yang dihasilkan Garuda Indonesia, salah satunya adalah Garuda Frequent Flyer dimana semua informan merasa puas. Faktor relate experience juga menunjukan bahwa para informan merasa cocok dengan segmentasi maupun tata cara pelayanan Garuda Indonesia yang sesuai dengan gaya hidup dan menjadi referensi bagi lingkungan informan, yang terakhir adalah faktor act experience dimana semua informan akan kembali menggunakan Garuda Indonesia secara berulang untuk setiap tahunnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Consumer Behaviour, Consumer Loyalty
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 05 May 2014 11:22
Last Modified: 05 May 2014 11:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item