NATAN, G. WILSON (2011) Analisis Peran Formal Informal Control dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Mitra/Pengemudi Silver Taxi. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_2970_Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Sistem Pengendalian manajemen pada umumnya menggunakan result dan action control sebagai pengendali utama akan tetapi pada perusahaan jasa transportasi (Silver taksi). Peran Sistem Pengendalian Manajemen harus beradaptasi dengan kondisi bahwa produk jasa mayoritas bersifat subjektif dan relatif hal ini disebabkan karena pada perusahaan jasa terutama jasa transportasi, kualitas produk jasa ditentukan tidak hanya dari kondisi fasilitas tetapi juga personnel (pengemudi) yang melayani penumpang selama dalam perjalanan. Masalah timbul karena sudut pandang dari pengemudi ingin cepat mengantar sebanyak mungkin penumpang sehingga memperoleh hasil setoran yang maksimal sementara penumpang berharap selain cepat sampai ke tujuan juga merasa nyaman selama perjalanan. Kenyamanan ini yang terkadang dilupakan oleh pengemudi dan kelalaian tersebut dapat berakibat komplain dari penumpang hingga menurunnya pendapatan harian pengemudi akibat memperlakukan penumpang layaknya mengirim barang. Sistem Pengendalian Manajemen tergolong tailored to made yang berarti jenis pengendalian dan komposisinya tidak dapat diterapkan sama dan kaku antar perusahaan. Maka pada perusahaan jasa transportasi (Silver taksi) pihak manajemen harus memperhatikan prespektif pola pikir konsumen dan berbagai jenis tipe konsumen sehingga memudahkan pihak manajemen yang diwakili oleh Pembina dalam membentuk personnel control yang baik. Kesadaran tiap personnel akan tanggung jawab dapat memudahkan manajemen untuk membentuk cultural control sehingga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi semua pihak. Lingkungan kerja yang kondusif merupakan dasar yang baik bagi pengendalian internal (Internal Control) sehingga memudahkan manajemen untuk mengawasi kinerja pengemudi bahkan meminimalisir tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh pengemudi
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pengendalian Manajemen, Service Management, Internal Control |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 06 May 2014 06:19 |
Last Modified: | 06 May 2014 06:19 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13133 |
Actions (login required)
View Item |