Pembuatan Sistem Informasi dan Helpdesk Laboratorium Medis Multi Cabang Berbasis Web

PRATIWI, AINUL IZZAH (2012) Pembuatan Sistem Informasi dan Helpdesk Laboratorium Medis Multi Cabang Berbasis Web. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1534_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1534_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227792

Abstract

Berkembangnya teknologi terutama di bidang informasi, maka sebuah perusahaan secara tidak langsung akan terkena dampaknya. Dalam kebutuhannya terhadap informasi, suatu perusahaan harus dapat menyediakan suatu sistem menangani segala kebutuhannya seperti penyimpanan data, transaksi beli dan sebagainya. Laboratorium “X” adalah perusahaan yang bergerak di bidang laboratorium medis. Pada pelaksanaannya PT “X” mempekerjakan karyawan untuk mengecek atau menguji coba data/sampel pelanggan untuk dilakukan suatu analisa. Karyawan ini bekerja berdasarkan jam da n disini hanya menpunyai dua shift pagi dan sore. Gaji yang diterima karyawan sesuai dengan jabatan. Karyawan bertugas untuk melakukan check up terhadap pelanggan. Dan bila sudah selesai akan memberikan hasilnya kepada pelanggan tentunya dengan menjelaskan hasil tersebut ke pelanggan. Dalam menangani hal-hal tersebut Laboratorium “X” kesulitan mengatur data karena sistem yang dipakai masih bersifat konvensional atau masih memakai kertas untuk mencatat beberapa data. Pe milik pun kesulitan dalam melihat melihat laporan dari proses-proses kegiatan pe rusahaan. Data yang cukup banyak serta kurangnya keteraturan membuat human error semakin besar dalam pengolahan data. Pelanggan juga diharuskan daftar lagi walaupun pada satu nama cabang yang sama, dikarenakan tidak adanya keterhubungan antar cabang. Pelanggan yang menunggu hasil check up juga sering mengeluh. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, maka dibuatlah aplikasi sistem informasi laboratorium medis berbasis helpdesk untuk Laboratorium Medis “X”. Aplikasi ini membantu Laboratorium Medis “X” dalam mengatur da ta barang, membuat pelanggan cukup satu kali daftar pada cabang yang sama, dan membuat akses untuk melihat hasil check up secara online . Setelah semua proses diimplementasikan, dilakukan proses verifikasi dan validasi yang memberikan hasil bahwa sistem informasi laboratorium medis berbasis helpdesk “X” yang telah dibuat sudah memenuhi kebutuhan sistem yang diharapkan, selain itu sistem informasi berbasis helpdesk ini juga dapat membantu Laboratorium Medis “X” dalam mempercepat aliran informasi-informasi yang dibutuhkan dan memperoleh informasi yang akurat mengenai kegiatan Laboratorium, memudahkan Laboratorium Medis “X” dalam pengelolaan data pelanggan dan gaji karyawan memudahkan pemilik dalam mengakses laporan Laboratorium dan memudahkan pelanggan untuk mengakses hasil check up secara online

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Heldesk, check up, online
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 09 May 2014 06:54
Last Modified: 09 May 2014 06:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13725

Actions (login required)

View Item View Item