Beda Persepsi terhadap Celebrity Endorser ( Komeng dan Valentino Rossi )pada Iklan Yamaha Jupiter MX Berdasarkan Tanggapan Pemirsa Televisi

HERMAWAN, RUDI (2012) Beda Persepsi terhadap Celebrity Endorser ( Komeng dan Valentino Rossi )pada Iklan Yamaha Jupiter MX Berdasarkan Tanggapan Pemirsa Televisi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5115_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5115_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227869

Abstract

Dewasa ini, semakin banyaknya produk yang beredar di pasar menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat untuk menjadi pilihan konsumen. Beranjak dari fakta ini, para produsen berlomba-lomba untuk membuat konsumen tertarik untuk membeli dan mengetahui adanya produk baru melalui iklan. Salah satu daya tarik iklan adalah adanya dukungan dari celebrity endorser, hal ini terkait dengan peran celebrity endorser sebagai public figure yang dikenal luas masyarakat. Diharapkan dengan bantuan celebrity endorser, para penggemar akan tertarik dan bahkan ikut menggunakan produk tersebut. Celebrity endorser juga sebagai public figure yang mana setiap gerak-geriknya selalu diketahui masyarakat luas, maka ada kala nya peran celebrity endorser dalam mendukung iklan malah membuat produk tersebut gagal. Hal ini dikarenakan penilaian yang buruk terhadap selebriti tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan persepsi pemirsa terhadap celebrity endorser (Komeng dan Valentino Rossi) pada iklan Yamaha Jupiter MX. Penelitian ini menggunakan riset deskriptif konklusif yang menggunakan karakteristik populasi yaitu pria dan wanita yang pernah melihat dan mengamati tayangan iklan Yamaha Jupiter MX di televisi yang menggunakan endorser Komeng dan Valentino Rossi minimal tiga kali dalam satu tahun terakhir, pendidikan minimal SMA/sederajat. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 responden. Dalam penelitian ini penilaian celebrity endorser terbagi atas tiga dimensi yaitu source credibility, source attractiviness, source power. Berdasarkan hal ini, penelitian ini mencoba untuk membuktikan adanya perbedaan persepsi pemirsa iklan televisi terhadap celebrity endorser (Komeng dan Valentino Rossi) dalam iklan Yamaha Jupiter MX. Hasil penelitian dengan uji beda paired sample t-test yaitu nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,005), dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho yang menyatakan tidak ada perbedaan persepsi celebrity endorser Komeng dan Valentino Rossi ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan persepsi celebrity endorser antara Komeng dan Valentino Rossi yaitu sebesar 1,80.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Source Credibility, Source Attractiviness, Source Power
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 12 May 2014 01:03
Last Modified: 12 May 2014 01:03
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/13787

Actions (login required)

View Item View Item