Analisis Mineral Kalium (K), Natrium (Na) dan Klor (Cl) pada Lumpur Laut Mati (Eilaat Dead Sea) dan Lumpur Lapindo (Sidoarjo)

DAVINA, LIDWINA DEA (2012) Analisis Mineral Kalium (K), Natrium (Na) dan Klor (Cl) pada Lumpur Laut Mati (Eilaat Dead Sea) dan Lumpur Lapindo (Sidoarjo). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3412_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3412_Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/228578

Abstract

Seiring perkembangan zaman, produk-produk kecantikan semakin beragam di pasaran. Salah satu yang saat ini sedang populer yaitu pemanfaatan lumpur Laut Mati sebagai masker perawatan kulit. Penelitian terhadap lumpur dari Eilaat Dead Sea (Laut Mati) dan lumpur Lapindo (Sidoarjo) dilakukan untuk mengetahui kandungan mineralnya dan sebagai informasi kemungkinan pemanfaatan lumpur Lapindo seperti lumpur Laut Mati. Pengambilan sampel lumpur Laut Mati dilakukan pada bulan Februari 2008 dan sampel lumpur Lapindo pada bulan September 2011. Analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat ICPS Fisons 3410+ terhadap mineral Kalium (K) dan Natrium (Na). Untuk mineral Klorida (Cl) dilakukan penetapan kadar dengan metode titrasi Argentometri Volhard. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa kedua sampel lumpur mengandung mineral Kalium (K), Natrium (Na), dan Klorida (Cl). Sampel lumpur Laut Mati mengandung mineral K sebesar 13,76 g/kg bobot kering,mineral Na sebesar 16,33 g/kg bobot kering, dan mineral Cl sebesar 8,15 g/kg bobot kering. Sedangkan sampel lumpur Lapindo mengandung mineral K sebesar 4,72 g/kg bobot kering, mineral Na sebesar 24,39 g/kg bobot kering dan mineral Cl sebesar 3,17 g/kg bobot kering.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Analisis Mineral K, Na dan Cl Lumpur Laut Mati (Eilaat Dead Sea) Lumpur Lapindo (Sidoarjo)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 May 2014 00:14
Last Modified: 13 May 2014 00:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item