Analisis Mineral Natrium (Na), Magnesium (Mg), dan Seng (Zn) pada Lumpur Laut Mati (Eilaat Dead Sea) dan Lumpur Lapindo (Sidoarjo)

LOEMAN, YUANITA (2012) Analisis Mineral Natrium (Na), Magnesium (Mg), dan Seng (Zn) pada Lumpur Laut Mati (Eilaat Dead Sea) dan Lumpur Lapindo (Sidoarjo). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3427_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3427_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/229743

Abstract

Keinginan sebagian besar perempuan ingin tampil cantik mengundang produsen kosmetika untuk menawarkan berbagai produk perawatan kulit. Ada berbagai cara untuk menjadi cantik, salah satunya dengan penggunaan masker. Masker yang terkenal adalah masker lumpur Laut Mati, namun harganya cukup mahal oleh karena itu dicari alternatif untuk menggunakan lumpur lain. Di Indonesia lumpur yang terkenal adalah lumpur Lapindo. Namun sampai saat ini hanya sisi negatifnya saja yang ditonjolkan. Penelitian ini direncanakan untuk menggali manfaat positif dari lumpur Lapindo, yaitu kemungkinan dapat digunakan sebagai masker. Pengambilan sampel lumpur Laut Mati dilakukan pada bulan Februari 2008 dan sampel lumpur Lapindo pada bulan September 2011. Penelitian dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat ICPS Fisons 3410+ terhadap mineral Natrium (Na), Magnesium (Mg) dan Seng (Zn). Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa kedua sampel lumpur mengandung mineral Na dan Mg. Pada kedua sampel tidak terdeteksi adanya mineral Zn. Sampel lumpur Laut Mati mengandung mineral Na sebesar 20,109 g/kg berat kering, mineral Mg sebesar 26,073 g/kg berat kering, dan kadar mineral Zn tidak terdeteksi. Sampel lumpur Lapindo mengandung mineral Na sebesar 25,867 g/kg berat kering, mineral Mg sebesar 11,298 g/kg berat kering dan kadar mineral Zn tidak terdeteksi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: analisis mineral Na, Mg dan Zn; Lumpur Laut Mati (Eilaat Dead Sea); Lumpur Lapindo (Sidoarjo)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 13 May 2014 05:58
Last Modified: 13 May 2014 05:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item