Pembuatan Computer Aided Learning Teori Dasar Piano Untuk Anak Usia 6 - 10 Tahun

DAHLIA, RACHEL (2013) Pembuatan Computer Aided Learning Teori Dasar Piano Untuk Anak Usia 6 - 10 Tahun. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_1611_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_1611_Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232808

Abstract

Karakteristik not balok sering kali susah untuk diingat oleh siswa pemain piano tingkat dasar karena setiap baris irama memiliki nilai, karakteristik, dan arti not yang berbeda - beda. Cara memainkan not sesuai ketukan dan letak not dalam tuts piano juga mempunyai ciri yang berbeda. Adanya permasalahan dilihat dari dua sisi, yaitu siswa dan pengajar. Masalah dari sisi siswa antara lain siswa sulit mengingat karakteristik tiap not balok, singkatnya waktu pembelajaran piano di tempat kursus berlan gsung sekitar 30- 45 menit saja . Sedangkan masalah dari sisi pengajar antara lain pengajar cenderung mengajarkan materi berulang kali sehingga membutuhkan banyak waktu. P embuatan aplikasi pembelajaran ini dimulai dari membandingkan pembelajaran s ejenis deng an mencari kekurangan aplikasi terse but dan membuat kebutuhan siste m yang diperlukan aplikasi ini. Dalam aplikasi ini , dibuat instruksi materi yang menarik dan jelas disertai kuis dan permainan agar anak usia 6 -10 tahun lebih memahami materi. Materi pembel ajaran yang disediakan meliputi dasar piano, birama, tangga nada, nilai nada, tanda istirahat, dan tanda tempo. Dalam kuis, pengguna harus memilih jawaban yang benar dari soal yang tersedia, Dalam permainan, pengguna harus menebak dan menekan tuts yang benar sesuai dengan not - not yang disediakan hingga lagu selesai dimainkan dengan benar. Desain tulisan yang digunakan dalam aplikasi harus mudah dikenali dan dibaca oleh anak usia 6 - 10 tahun. Aplikasi ini juga disertai dengan background sound , sound effect , d an monolog. Implementasi dilakukan dengan pembuatan gambar karakter menyerupai bentuk piano , gambar judul, gambar tombol, suara, dan animasi. Implementasi suara monolog digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna dari hasil rekaman sendiri. Pembua tan animasi dilakukan dengan membuat animasi urutan munculnya tulisan dan gambar materi, kuis, dan permainan disertai bunyi animasi yang sedang dijalankan. D engan menggunakan aplikasi yang berkonsep CAL ( Computer Aided Learning ) ini, maka pembelajaran baik di kelas maupun mandiri dapat membantu proses belajar dan mengajar, selain itu dapat digunakan sebagai media pembelajaran piano dengan tampilan warna dan gambar yang menarik untuk siswa tingkat dasar dalam rentang usia enam hingga sepuluh tahun. Tentunya, aplikasi ini dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik dan menarik dibandingkan belajar dengan membaca buku

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Computer Aided Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Radiyanti 201032
Date Deposited: 14 May 2014 04:19
Last Modified: 14 May 2014 04:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item