Aryani, Novita (2000) Penerapan Analisis Value Chain Sebagai Alat Untuk Mencapai Cost Reduction Pada PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_1426_Abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Dalam era globalisasi dewasa ini, dimana persaingan yang terjadi didalarn dunia usaha semakin ketat, maka iklim dunia usaha yang demikian menuntut badan usaha untuk semakin efisien dan mempunyai competitive advantage untuk dapat bertahan hidup dan berkembang. Competitive advantage atau keunggulan bersaing berasal dari nilai yang dapat diciptakan bagi pembeli. Nilai tersebut dapat berupa harga yang lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya atas manfaat yang sama. Competitive advantage hanya dapat dipahami dengan melihat badan usaha secara keseluruhan, dan bersumber dari banyak ragam aktivitasnya dalam mendesain, membuat, memasarkan, mendistribusikan dan mendukung produknya. Hal inilah yang akan dianalisis dalam value chain analysis. Value chain memilah-milah suatu perusahaan ke dalam berbagai aktivitas, antara lain aktivitas primer yang terdiri dari aktivitas inbound logistics, operation, outbound logistics, marketing and sales, services, dan aktivitas pendukung yang terdiri dari aktivitas procurement, technology development, human resources management, dan firm infrastructure. Kemudian dilakukan alokasi biaya dan aktiva tetap pada tiap-tiap aktivitas tersebut. Selain itu juga dilakukan analisis berdasarkan aktivitas langsung, aktivitas tidak langsung, dan aktivitas pemastian mutu untuk mengidentifikasikan keterkaitan antara aktivitas primer dan aktivitas pendukung. Analisis atas penggunaan sumber daya manusia dan pembelian input juga dilakukan untuk mengidentifikasikan besarnya pemakaian tenaga kerja dan penggunaan masukan dalam aktivitas badan usaha. Dari hasil analisis value chain, dapat diketahui distribusi biaya pada tiap-tiap aktivitas nilai yang kemudian dilakukan koordinasi dan optimasi secara lebih baik untuk mencapai efisiensi dan efektivitas, yang pada akhimya dapat menurunkan total biaya badan usaha secara keseluruhan. Dari adanya penurunan biaya tersebut, badan usaha bisa menetapkan harga jual yang bersaing dengan para pesaingnya serta menetapkan competitive strategy-nya, yaitu dalam hal keunggulan biayanya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Lasi 193031 |
Date Deposited: | 14 May 2014 05:42 |
Last Modified: | 14 May 2014 05:42 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14183 |
Actions (login required)
View Item |