Pembuatan Program Pembelajaran Integer Programming dengan Metode Branch and Bound

., FRENGKI (2014) Pembuatan Program Pembelajaran Integer Programming dengan Metode Branch and Bound. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235838

Abstract

Linier programming adalah model yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pengalokasian sumber daya yang terbatas secara optimal. Namun solusi yang dihasilkan sering kali tidak berupa bilangan bulat, sedangkan beberapa permasalahan membutuhkan hasil berupa bilangan bulat. Integer programming adalah linier programming yang menghasilkan solusi berupa bilangan bulat. Model Integer programming dapat diselesaikan dengan metode Branch and Bound. Konsep dasar dari branch and bound adalah memecah masalah menjadi dua sub-masalah yang lebih kecil. Permasalahan yang dihadapi saat mempelajari metode Branch and Bound adalah tiap mahasiswa mempunyai kemampuan dan cara belajar yang berbeda, mahasiswa kesulitan menentukan variabel mana yang akan dicabangkan, dan cabang yang tidak mungkin memiliki nilai optimal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan alat bantu CAL (Computer Aided Learning). CAL adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk belajar. CAL memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri di rumah. Materi pada CAL didesain untuk membantu pengguna mengatasi kesulitan yang dihadapi saat mempelajari metode Branch and Bound. Penggunaan CAL diharapkan dapat membantu mahasiswa. Dari jawaban kuisioner yang dibagikan, dapat ditarik kesimpulan, yaitu aplikasi yang dibuat dapat membantu pengguna memahami materi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Integer Programming,
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 16 May 2014 08:33
Last Modified: 16 May 2014 08:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14436

Actions (login required)

View Item View Item