Meningkatkan Efektivitas Produksi Dengan Memanfaatkan Anggaran Penjualan Pada Perusahaan Kecap X Di Situbondo

Sutanto, Indrawati (1993) Meningkatkan Efektivitas Produksi Dengan Memanfaatkan Anggaran Penjualan Pada Perusahaan Kecap X Di Situbondo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_215_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_215_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154469

Abstract

Dalam era pembangunan, perekonomian mengalami perkembangan dunia perdagangan. Di Indonesia banyak muncu1 perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang sejenis, sehingga menyebabkan timbulnya persaingan. Supaya perusahaan dapat mencapai tujuan diperlukan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang baik. Fungsi manajemen yang pertama adalah fungsi perencanaan, yang merupakan tindakan mula-mula yang dilakukan perusahaan sebelum menjalankan usahanya. Salah satu jenis perencanaan yang efektif dapat dituangkan dalam bentuk anggaran (budget). Dalam melaksanakan aktivitas penjualan seringkali perusahaan menghadapi kekurangan sediaan barang jadi. Hal ini disebabkan karena tidak adanya perhitungan yang tepat dalam melaksanakan proses produksinya. Eksposisi ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan pelengkap data yang dipakai dalam perencanaan penjualan dan produksi. Selain itu eksposisi ini dapat dimanfaatkan sebagai studi perbandingan antara teori dengan keadaan di lapangan. Perusahaan menjalankan aktivitas hanya berdasarkan pada kebiasaan, produk I, II dan IV mengalami kenaikan permintaannya, tetapi produk III mengalami penurunan permintaannya. Perusahaan tidak membuat anggaran dan cara promosi perusahaan tidak mempunyai target penjualan. Untuk meningkatkan efektivitas produksi dengan membuat anggaran produksi memakai metode least square dan standar error. Kemudian dibuat perhitungan jumlah barang yang harus diproduksi dan ditambah dengan safety stock. Dan membandingkan efektivitas produksi dengan memperhitungkan jumlah total biaya produksi dengan dan tanpa anggaran. Dalam usaha untuk meningkatkan efektivitas penjualan disarankan untuk memberikan bonus atas penjualan diatas target dan memasang iklan di media masa atau membagikan sampel kecap secara gratis.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 21 May 2014 06:12
Last Modified: 21 May 2014 06:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item View Item