LESTARI, NYOMAN IRMA WIENDA (2013) Sosialisasi Kasta Pada Emerging Adulthood Di Bali. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
P_800_Abstrak.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Kasta merupakan salah satu kekhasan budaya masyarakat Bali yang terdiri atas Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Pemahaman kasta tidak dapat dipisahkan dengan sosialisasi kasta yang dilakukan orang tua kepada anak. Sosialisasi kasta adalah proses pembelajaran terkait kasta yang dilakukan orang tua kepada anak. Sosialisasi kasata dalam penelitian ini mengacu pada konsep sosialisasi etnik menurut Hughes (2006), terdapat empat dimensi sosialisasi kasta yang mengacu pada dimensi sosialisasi etnik. Empat dimensi sosialisasi kasta adalah sosialisasi kasta, mempersiapkan adanya diskriminasi beda kasta, rasa ketidakpercayaan dan memiliki kesetaraan dengan kasta lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang sosialisasi kasta pada emerging adulthood. Subjek penelitian ini adalah individu beretnis Bali yang memasuki masa emerging adulthood dengan rentang usia 18-25 tahun, jenis kelamin laki-laki dan perempuan, bertempat tinggal di Bali, dan memiliki latar belakang kasta yang berbeda. Hasil penelitian ini mendapatkan data bahwa terbukti pada masyarakat Bali masih memiliki pengertian mengenai kasta yaitu sebuah tingkatan/derajat. Berdasarkan hasil empat dimensi sosialisasi kasta dari masing-masing kasta didapatkan hasil lebih dari 65% menerapkan dimensi sosialisasi kasta dengan cara pengenalan kasta bercerita mengenai leluhur subjek masing-masing kasta.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosialisasi Kasta, Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra, Budaya Bali, Emerging adulthood |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 26 May 2014 06:15 |
Last Modified: | 26 May 2014 06:15 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15270 |
Actions (login required)
View Item |