Perancangan Sarana Pembelajaran Tanggung Jawab anak Usia 3-5 Tahun dengan Metode Montessori

WIJAYA, AZARINE (2013) Perancangan Sarana Pembelajaran Tanggung Jawab anak Usia 3-5 Tahun dengan Metode Montessori. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DMP_86_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DMP_86_Abstrak.pdf

Download (508kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235903

Abstract

Saat ini, rasa tanggung jawab pada anak golongan usia remaja telah memudar. Pembelajaran tentang tanggung jawab merupakan hal yang wajib bagi orang tua untuk menanamkannya pada anak sejak dini. Pendidikan karakter pada anak ada baiknya dilakukan pada rentang umur 0-6 tahun karena potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada usia dini. Menanamkan tanggung jawab pada anak sejak dini merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Butuh ketelatenan dan kesabaran dari orang tua wttuk terus mengulang dan mengarahkan. Ada baiknya proses pembelajaran ini dilakukan dalam suasana bermain. Salah satu metode yang menerapkan belajar sambil bermain adalah Montessori. Sarana yang digunakan adalah peralatan auto correction (koreksi diri) dimana anak akan mengkoreksi sendiri kesalahan mereka untuk mengambil sebuah keputusan. Namun sayangnya saat ini masih jarang media pembelajaran Montessori yang mengajarkan tanggung jawab. Oleh karena itu butuh adanya sebuah produk yang dapat memperkenalkan anak pada tanggung jawab dengan metode Montessori. Dari hasil analisa data yang sudah didapat muncullah konsep "simply natural toys for independent children". Kotak mainan didesain sesederhana mungkin mekanismenya sehingga anak dapat meringkas mainannya secara mandiri. Selain itu desain kotak mainan disesuaikan dengan karakteristik anak, baik bentuk maupun warnanya. Hasil perancangan merupakan prototype produk yang memiliki fungsi yang sama dengan produk asli nantinya. Material serta rupa produk dibuat semenarik mungkin namun tetap pada jalur konsep produk awal. Produk ini dilengkapi dengan kuncian khusus yang dapat mengunci saat mainan diambil dan penutup kotak mainan dapat berputar ketika mainan telah dikembalikan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kotak mainan, Simply natural, Independent, Sarana pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 26 May 2014 06:48
Last Modified: 26 May 2014 06:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15279

Actions (login required)

View Item View Item