Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Antibiotik dan Persentase Resistensi Bakteri Terhadap Antibiotik di Sebuah Rumah Sakit Swasta di Surabaya Selama Tahun 2008-2010

Sanjaya, Dwi Arymbhi (2012) Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Antibiotik dan Persentase Resistensi Bakteri Terhadap Antibiotik di Sebuah Rumah Sakit Swasta di Surabaya Selama Tahun 2008-2010. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/229910

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan laju resistensi bakteri adalah pola penggunaan antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat penggunaan antibiotik sistemik pasien rawat inap dan persentase resistensi bakteri terhadap antibiotik di sebuah rumah sakit swasta di Surabaya selama tahun 2008-2010. Penelitian ini merupakan penelitian ekologikal yang menggunakan data retrospektif. Untuk mengetahui korelasi linier antara tingkat peresepan antibiotik (dinyatakan dalam defined daily doses (DDD) per 100 hari rawat) sebagai variabel bebas dan persentase resistensi bakteri sebagai variabel terikat digunakan diagram scatter plot, lalu dilakukan uji korelasi Pearson dan regresi linier. Ditemukan bahwa pada enam bakteri yang diteliti terdapat hubungan linier yang sangat lemah (R antara -0,04-0,2) dan tidak bermakna secara statistik (p antara 0,4-0,9). Terdapat banyak faktor selain penggunaan antibiotik yang mempengaruhi resistensi (R2 antara 0,002-0,04), seperti jenis-jenis antibiotik, sifat-sifat spesifik bakteri, dan proses timbulnya resistensi di tingkat individu. Dapat disimpulkan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut dengan periode yang lebih panjang dan mencakup analisis atas faktor-faktor lain yang mempengaruhi peningkatan persentase resistensi bakteri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Antibiotik
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 May 2014 07:14
Last Modified: 26 May 2014 07:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item