Junaedi, Yenny (1997) Analisa Value Chain Cost Sebagai Alat Bantu Mengidentifikasi Keunggulan Diferensiasi PT. X Di Bondowoso. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_701_Abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Berpacu dengan waktu. Itulah sebutan yang tepat untuk menggambarkan persaingan bisnis saat ini. Untuk mengantisipasi kondisi yang sangat kompetitif ini, badan usaha tidak lagi memproduksi barang atau jasa yang sudah banyak di pasaran, dan harganya ditentukan oleh mekanisme pasar (price taker), melainkan badan usaha hams mampu menjadi price maker. Badan usaha harus mampu menentukan persepsi konsumen sedemikian rupa, sehingga mereka menganggap produk atau jasa tersebut lebih baik dibanding rata-rata. Di dalam pasar yang makin ketat persaingannya para produsen senantiasa memperbaiki produk yang sudah ada dan secepat mungkin memperkenalkan produk bam secara berkesinambungan. Konsumen makin selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Pada saat inilah differentiation yang ditawarkan hams benar-benar bisa membuat badan usaha disukai oleh konsumen. Diferensiasi disini bukan hanya sekedar bisa jadi "lebih" dari pesaing. Yang dimaksud disini adalah lebih bisa "berbeda" sehingga Iebih dipilih oleh konsumen, yaitu berbeda dalam content dan context. Content berarti "what to offer" dan context adalah "how to offer!" Akuntansi manajemen sebagai salah satu sumber infonnasi bagi pihak manajemen, dituntut untuk mampu beradaptasi terhadap perkembangan yang terjadi agar informasi yang dihasilkan relevan, dapat diandalkan serta memberikan perspektif yang je1as mengenai pe1uang maupun ancaman yang ada dalam keadaan tertentu. Value chain cost analysis sebagai salah satu perkembangan dari akuntansi manajemen yang diperkenalkan oleh Michael E. Porter merupakan alat analisis untuk identifikasi aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan rantai nilai badan usaha yang sangat berperan dalam menentukan keunggulan bersaingan. Aktivitas tersebut terdiri atas inbound logistics, operations, outbound logistics, marketing & sales dan service yang mempakan aktivitas primer, yaitu aktivitas yang ter1ibat da1am penciptaan fisik produk, penjualannya, transfer ke pembeli serta bantuan puma jual. Kesemua aktivitas primer tersebut didukung dengan aktivitas pendukung bempa firm infrastructure, human resource management, technology development, dan procurement. Dalam skripsi ini analisis value chain cost akan digunakan sebagai a1at untuk mengidentifikasi aktivitas-aktivitas mana yang memberikan kontribusi terbesar dalam menghasilkan nilai bagi pelanggan. Berdasarkan has11 ana1isis menunjukkan PT X di Bondowoso menjalankan usahanya dengan strategi fokus diferensiasi. Fokus tampak
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:56 |
Last Modified: | 04 Jul 2014 07:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15372 |
Actions (login required)
View Item |