Penerapan Value Chain Analysis Dalam Manajemen Biaya Stratejik Sebagai Suatu Alternatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Kasur Pegas PT. X Di Surabaya

Erfan, Erwin (1997) Penerapan Value Chain Analysis Dalam Manajemen Biaya Stratejik Sebagai Suatu Alternatif Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Kasur Pegas PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_725_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_725_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154087

Abstract

Di dalarn kondisi persaingan bisnis seperti sekarang ini, badan usaha dituntut untuk melakukan berbagai pembenahan manajemen agar bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Berbagai konsep manajemen baru bennunculan dalam keadaan seperti ini. Akuntansi, terutama akuntansi manajemen, harus menyesuaikan diri dengan perkembangan-perkembangan yang terjadi dalam konsep-konsep manajemen. Dalam dua dasawarsa terakhir, manajemen stratejik merupakan suatu hal yang mendapat perhatian dalam dunia bisnis. Dalam skripsi iili akan dibahas mengenai suatu alat baru. dalam persaingan bisnis, yaitu Manajemen Biaya Stratejik {Strategic Cost Management (SCM). SCM adalah akuntansi dan analisis. biaya yang memperhatikan isu-isu stratejik yang ada. Ada tiga tema utama dalam SCM, yaitu Value Chain Analysis, Strategic Positioning Analysis, dan. Cost Driver Analysis.Value Chain Analysis akan lebih banyak dibahas dalarn skripsi ini. Value Chain Analysis adalah suatu analisis yang melihat serangkaian aktivitas yang menciptakan nilai bagi pelanggan dan badan usaha merupakan bagian dari rangkaian nilai yang membentuk suatu rantai itu. Jadi, Value Chain Analysis melihat badan usaha secara internal dan ekstemal dalam penciptaan nilai bagi pelanggmt Dalam skripsi ini dibahas mengenai tiga aktivitas PT "X", yang terdapat dalam tiga divisi badan usaha dan masing-masing divisi merupakan pusat laba bagi badan usaha. Industri kasur pegas merupakan industri yang sedang berkembang saat ini. Semakin banyak orang yang berpindah. dari menggunakan kasur kapuk ke kasur pegas. Tantangan industri ini untuk masuk ke dalam perdagangan internasional juga terlihat dan dirasakan sekali. Dalam kondisi seperti ini, maka persaingan tidak bisa dihindari. Dalam menghadapi persaingan, badan usaha harus melakukan pembenahan-pembenahan dan menetapkan Visi bisnisnya uiltuk meningkatkan profitabilitas dan mencapai keunggulan bersaing. Dengan Value Chain Analysis, akan didapat analisis stratejik yang memberikan pemikiran stratejik bagi badan usaha dalam upaya untuk mencapai keunggulan bersainya, yaitu Low Cost....

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 30 May 2014 03:51
Last Modified: 07 Jul 2014 02:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15472

Actions (login required)

View Item View Item