Perancangan Sarana Permainan Edukatif Disiplin Berlalu Lintas Bagi Anak-anak Usia 4-6 Tahun

SUTANTO, MARIA STEFANI (2013) Perancangan Sarana Permainan Edukatif Disiplin Berlalu Lintas Bagi Anak-anak Usia 4-6 Tahun. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DMP_67_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DMP_67_Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234253

Abstract

Pribadi yang disiplin tidak dapat dibentuk secara instan, demikian juga dalam membentuk kedisiplinan berlalu lintas. Pendidikan berlalu lintas bagi anak-anak usia TK merupakan salah satu cara pencegahan kecelakaan lalu lintas yang dapat ditanamkan sejak dini. Jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dari tahun ke tahun. Faktor pengguna jalan mendominasi penyebab kecelakaan lalu lintas ini, seperti tidak disiplin dalam menaati rambu lalu lintas dan kurangnya pengetahuan pengguna jalan akan rambu-rambu tersebut. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan metode kualitatif, maka diperoleh bahwa anak usia TK gemar mengamati lingkungan sekitar mereka dan meniru perilaku orang dewasa. Anak-anak di usia ini juga lebih mudah memahami dan menangkap informasi melalui sebuah permainan yang melibatkan pengalaman pribadi mereka. Melihat hal ini, penulis merancang sebuah sarana pembelajaran untuk mengenalkan lalu lintas dalam sebuah permainan. Proses desain diawali dengan pengumpulan data dan informasi dengan cara melihat kebutuhan dan mengamati karakteristik anak usia 4-6 tahun, focus group discussion dan in-depth interview dengan orang tua, guru serta desainer mainan anak, guna menentukan aspek-aspek desain yang akan dijadikan pedoman dalam proses mendesain sebuah produk. Penulis membuat alternatif desain awal sebelum akhirnya didapatkan satu final design terpilih untuk pembuatan prototype. Hasil akhir penelitian yang dilakukan adalah sarana permainan edukatif yang terfokus pada anak-anak usia 4-6 tahun, yang dapat dimainkan secara berkelompok minimal 3 orang dengan pendampingan 1 orang dewasa. Dengan adanya sarana ini, anak-anak usia 4-6 tahun dapat mengenal lalu lintas dengan cara menyenangkan sehingga anak-anak cepat mengerti arti rambu-rambu yang ada dalam sebuah permainan. Diharapkan nantinya, anak bisa mengenal peraturan lalu lintas dan menumbuhkan sikap berdisplin, sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat menurun.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: anak usia TK, kecelakaan, lalu lintas, permainan edukatif
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 05 Jun 2014 03:55
Last Modified: 05 Jun 2014 03:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item