Desain Permainan Edukatif Di Dalam Perpustakaan KBS Untuk Program ayo Belajar Di KBS

FINDIARANI, DEVI (2013) Desain Permainan Edukatif Di Dalam Perpustakaan KBS Untuk Program ayo Belajar Di KBS. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of DMP_69_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
DMP_69_Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234255

Abstract

Kebun Binatang Surabaya memiliki program edukasi bernama “Ayo Belajar di KBS” untuk instansi sekolah yang ingin menambah ilmu pengetahuan mengenai satwa. Dari beberapa kegiatan yang ada dalam program tersebut, salah satunya adalah mengunjungi perpustakaan KBS. Namun, sayang sekali di dalam perpustakaan, anak-anak kurang berminat untuk mencari informasi dari buku. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak suka jika harus belajar serius seperti membaca buku di dalam area rekreasi. Akan menjadi permasalahan apabila masa perkembangan diri anak seperti bermain dan bersosialisasi harus terbatasi oleh metode belajar yang serius. Begitu juga sebaliknya, ilmu pengetahuan yang menjadi bekal anak harus terlalaikan karena anak terlalu asik bermain. Oleh sebab itu penulis mengangkat kasus ini dengan mengkombinasikan dengan permasalahan yang ada di perpustakaan KBS. Dengan proses desain yang di jalani, penulis memberikan solusi sebuah desain produk berupa permainan edukatif dengan memberikan brand sendiri yaitu FULIB (Fun Library). FULIB membuat anak bisa mendapatkan kedua kebutuhan tersebut yaitu bermain dan belajar. Sebuah sistem permainan terdiri dari lima meja dengan permainan masing-masing di setiap meja, yaitu menggambar satwa, taukah kamu, boneka satwa, puzzle dan tebak satwa, serta kereta satwa lengkap dengan informasi cara bermain. Permainan yang terdapat pada setiap meja tersebut di letakkan di atas alas duduk yang telah diberi informasi untuk perletakkan tiap meja. FULIB dapat mengatur formasi duduk peserta bermain, sehingga mencari informasi dapat berjalan lebih efektif terhadap teman maupun pembimbingnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: anak, metode belajar dan perkembangan diri, permainan edukatif, perpustakaan KBS
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Product Design and Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 05 Jun 2014 03:59
Last Modified: 05 Jun 2014 03:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/15944

Actions (login required)

View Item View Item