Pengambilan Keputusan Etis Mahasiswa Akuntansi Dilihat dari Gender, Education Level, Pengalaman Kerja dan Religiusitas

SUSILO, IVANA (2013) Pengambilan Keputusan Etis Mahasiswa Akuntansi Dilihat dari Gender, Education Level, Pengalaman Kerja dan Religiusitas. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_3202_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_3202_Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gender, educational level, pengalaman kerja dan religiusitas dalam pengambilan keputusan etis mahasiswa akuntansi serta berusaha merubah cara pandang pembaca atas etika profesi akuntan. Penelitian terdahulu menyatakan bahwa faktor-faktor tersebut menjadi dasar dalam pengambilan keputusan seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan uji regresi logistik dan menggunakan dummy variable. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa S1 yang sedang mengerjakan skripsi semester gasal 2012-2013 dan mahasiswa PPA angkatan XVI & XVII. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 128 mahasiswa. Masing-masing mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner berisikan 12 pertanyaan yang dinilai dengan 5-point Likert Scale. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor gender dan religiusitas tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan etis akuntan tetapi educational level dan pengalaman kerja menjadi dasar penting pengambilan keputusan etis. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menggunakan objek penelitian seperti akuntan praktisi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: etika, pengambilan keputusan, gender, religiusitas, educational level, pengalaman kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Suwardi 193009
Date Deposited: 05 Jun 2014 07:05
Last Modified: 05 Jun 2014 07:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item View Item