Theresa, Josephine (1997) Penerapan Nonfinancial Measures Dalam Rangka Pengendalian Faktor Key Success Factor Pada PT. A Di Sidorajo. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
Ak_828_Abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
Dengan dikeluarkannya kebijakan mobil nasional oleh pemerintah melalui Inpres No. 2/1996, sebenarnya bertujuan untuk mencapai cita-cita membuat bangsa Indonesia mandiri di bidang teknologi dan industri, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi pasar global. Perkembangan industri otomotif akan mempengaruhi perkembangan industri komponen otomotif. Dengan dikeluarkannya kebijakan mobil nasional ini akan meningkatkan persaingan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk meningkatkan komponen lokalnya, sehingga hal ini juga akan meningkatkan persaingan di dalam industri komponen otomotif. PT A sebagai salah satu badan usaha manufaktur yang bergerak di dalam industri komponen otomotif, juga berusaha meningkatkan daya saingnya dalam menghadapi pasar global. Untuk memiliki keunggulan bersaing, badan usaha harus memiliki faktor-faktor yang berfungsi sebagai senjata dalam persaingan. Faktor-faktor inilah yang disebut sebagai Key Success Factors. Dalam mengidentifikasi key success factors yang dimiliki oleh suatu badan usaha, manajer perlu mempertimbangkan tentang faktor-faktor mana yang sangat penting dan sangat mempengaruhi keberhasilan badan usaha di dalam persaingan. Biasanya, manajer memutuskan berdasarkan pengalaman yang diperolehnya selama bertahun-tahun dalam mengelola badan usaha. Setelah faktor-faktor ini teridentifikasi, badan usaha harus mengerahkan semua daya dan upayanya untuk mendukung faktor-faktor ini. Untuk itu, perlu dilakukan suatu pengukuran kinerja untuk mengendalikan operasi badan usaha agar selalu mendukung faktor-faktor penting tersebut. Namun, pengukuran kinerja yang ada selama ini hanya mengukur kinerja dari aspek finansial, sedangkan pengukuran dari aspek nonfinansial terabaikan. Padahal, pengukuran kinerja dari aspek finansial saja kurang memadai jika digunakan untuk mengendalikan key success factor. Pengukuran dari aspek finansial masih perlu dilengkapi lagi dengan pengukuran dari aspek nonfinansial untuk mengendalikan key success factor. Dari basil wawancara dengan manajemen badan usaha, diketahui bahwa faktor-faktor yang menjadi key success factor
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 09 Jun 2014 04:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2014 07:30 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16173 |
Actions (login required)
View Item |