Pawitra, Theresia and Meitha, Rosita and Suhartatik, Suhartatik (2005) ANALISIS ARSITEKTUR BISNIS FRESTEA DIBANDING FRUIT TEA & SOSRO. In: Proceeding 2nd UBAYA Annual Symposium on Management: Achieving Excellence through Service Management, 16 - 17, Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya.
PDF
pawitra_analisis_2005.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
Abstract
Melihat adanya potensi yang cukup besar pada pangsa pasar minuman teh maka pada bulan Juni 2002, Coca-Cola dan Nestle melalui kemitraan global Beverage Partners Worldwide memutuskan untuk masuk ke pasar teh siap saji di Indonesia dengan meluncurkan produk teh dalam kemasan botol merek Frestea. Seiring dengan berjalannya waktu, persaingan bisnis teh botol menjadi semakin ketat, dominasi teh botol sosro di pasaran pun semakin menguat. Di lain pihak, Sosro juga melancarkan strateginya dengan menyodorkan Fruit Tea sebagai mitra tanding Frestea. Agar dapat terus bertahan di pasaran, Frestea harus memastikan bahwa strategi pemasaran yang telah ada sudah sesuai dengan kondisi persaingan yang sedang dihadapinya saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan untuk dapat bertahan di persaingan adalah unggul dalam arsitektur bisnisnya. Makalah ini akan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan Frestea dibanding pesaingnya (Fruit Tea dan Sosro) dilihat dari kesembilan elemen dari arsitektur bisnis serta memberikan usulan strategi bisnis bagi kelemahan yang ada.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sustainable Market-ing Enterprise (SME) Model, teh, Marketing mix |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 07 Mar 2012 06:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 07:30 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/163 |
Actions (login required)
View Item |