Redesign Corporate Identity Taman Kanak - Kanak Permai

HO, YAN SIDARTA (2013) Redesign Corporate Identity Taman Kanak - Kanak Permai. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of MMD_87_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MMD_87_Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/234243

Abstract

Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya adalah sekolah untuk anak usia 2 hingga 6 tahun yang telah berdiri lebih dari 30 tahun. Namun hingga saat ini Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya belum menerapkan corporate identity dengan baik dan konsisten. Di saat banyak sekolah taman kanak-kanak bermunculan dan memiliki corporate identity yang baik dan konsisten, Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya merasa perlu memperkuat identitas dirinya melalui pembuatan corporate identity yang baik, agar dapat terus bersaing dengan sekolah taman kanak-kanak lainnya. Pembuatan corporate identity diawali dengan analisis pada faktor internal dan eksternal sekolah untuk memperoleh keunikan dan kelebihan yang dimilikinya. Analisis ini kemudian akan menghasilkan kesimpulan permasalahan apa yang sedang dihadapi dan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya. Setelah mendapatkan identitas yang tepat, barulah dibuat konsep desain corporate identity secara keseluruhan. Konsep desain ini diterapkan kedalam sistem corporate identity mulai dari lambang perusahaan (logo, warna perusahaan, tipografi, maskot dan elemen grafis) sampai kepada penerapan identitas lainnya. Berdasarkan hasil analisis maka dibuatlah penerapan identitas seperti : Graphic standard manual (GSM), stationary (kop surat, amplop, kartu nama, map folder), marketing (brosur, iklan koran, iklan majalah, banner), seragam (staff, guru dan siswa) merchandise (bolpoint, jam), media digital (website), mobil perusahaan, dan signage. Uji coba terhadap website dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama adalah verifikasi, yaitu pengujian website dengan mengecek seluruh aplikasi website. Tahap kedua adalah validasi, yaitu dengan menggunakan angket. Sedangkan uji coba corporate identity dilakukan dengan cara validasi melalui hasil wawancara. Hasil dari semua uji coba menunjukkan bahwa corporate identity yang dibuat dapat meningkatkan brand awareness yang positif di dalam benak target market-nya yaitu para orang tua murid.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Corporate Identity, Logo, Lambang Perusahaan, Website, Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 12 Jun 2014 04:45
Last Modified: 12 Jun 2014 04:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16388

Actions (login required)

View Item View Item