Analisis Penerapan Corporate Responsibility Di Perusahaan Multilevel Marketing Pt Harmoni Dinamik Indonesia

HANDJAJA, GABRIELA (2013) Analisis Penerapan Corporate Responsibility Di Perusahaan Multilevel Marketing Pt Harmoni Dinamik Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_3289_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_3289_Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233980

Abstract

Corporate Social Responsibility merupakan sebuah komitmen dari suatu perusahaan untuk memberikan kontribusi yang lebih pada masyarakat, baik melalui tindakan sosial maupun tanggung jawab lingkungan. CSR juga merupakan basis teori tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat. Di Indonesia, CSR sekarang dinyatakan lebih tegas lagi dalam Undang- Undang Perseroan Terbatas (UUPT) Pasal 74 No.40 Tahun 2007. Dalam hal ini, terdapat Perseroan Terbatas dengan karakteristik unik yaitu bergerak dalam bidang Multilevel Marketing. Dimana Multilevel Marketing atau yang lebih dikenal dengan sebutan MLM adalah suatu bentuk sistem bisnis pemasaran jaringan yang memasarkan produk dari suatu perusahaan secara langsung kepada konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan CSR yang dilakukan oleh salah satu perusahaan MLM di Indonseia yaitu PT. Harmoni Dinamik Indonesia. Penelitian ini bersifat Basic Research yang bertujuan untuk menilai bagaimana kesesuaian antara teori tentang CSR yang sudah ada selama ini dengan bentuk penerapannya, khususnya untuk perusahaan Multilevel Marketing (MLM) yaitu PT. Harmoni Dinamik Indonesia. Penelitian ini merupakan descriptive research yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan CSR pada PT. Harmoni Dinamik Indonesia dalam hal pelaksanaan program CSR yang dilakukan serta berbagai dampak yang dirasakan oleh berbagai pihak yang terlibat dalam program tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Harmoni Dinamik Indonesia sebagai salah satu perusahaan dengan karakteristik MLM telah melakukan CSR dengan orientasi eksternal, bersifat dua arah dengan konsep CSR yang bukan hanya sekedar bersifat charity tetapi juga community empowerment. Dan dalam hal ini, PT. Harmoni Dinamik Indonesia dapat digolongkan pada kelompok hijau, yang menganggap CSR sebagai salah satu modal sosial. Dan keunikkan CSR pada MLM yang membedakan dari penerapan CSR pada perusahaan lainnya (manufaktur, jasa ataupun perusahaan sumber daya alam) adalah pada pendanaan dari program CSR yang dilakukan. Pada PT. Harmoni Dinamik Indonesia dana yang digunakan untuk kegiatan CSR nya, tidak hanya dari keuntungan perusahaan semata, tetapi juga melibatkan para distributor untuk ikut berperan serta dalam mendanai program CSR. Dengan begitu, maka perusahaan secara tidak langsung ikut berperan serta dalam menanamkan nilai-nilai sosial dan kepedulian kepada para distributornya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Analisis Penerapan Corporate Responsibility
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 13 Jun 2014 01:51
Last Modified: 13 Jun 2014 01:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16435

Actions (login required)

View Item View Item